Sukses

Paling Banyak Digunakan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Bermesin Depan

Mobil dengan mesin di depan lebih menguntungkan secara finansial dan kepraktisan

Liputan6.com, Jakarta - Posisi mesin di satu mobil memang ada beberapa tipe, mulai dari mesin depan hingga belakang. Namun, yang paling banyak digunakan oleh pabrikan adalah mesin yang ada di depan. Sebut saja LMPV seperti Xpander, Ertiga, atau Avanza yang laris manis. Apa saja kelebihannya?

Menurut American Driver and Traffic Safety Education Association (ADTSEA), mobil dengan mesin di depan lebih menguntungkan secara finansial dan kepraktisan. Menurut mereka, tipikal mesin mobil seperti ini lebih mudah dijangkau untuk perbaikan dan perawatan.

Pertimbangan lainnya ialah faktor ruang kabin yang makin lapang dan dapat diisi tiga baris penumpang, sehingga akomodasinya dijamin lega.

Tingkat kenyamanan pun diklaim lebih baik karena ruang mesin yang tidak berbatasan langsung dengan ruang kabin. Hal inilah yang membuat suara di ruang penumpang lebih senyap dan menekan polusi suara mengganggu pengendara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelemahan

Meski demikian, bukan berarti mobil bermesin depan tidak memiliki kelemahan. Penempatan mesin di posisi depan mengurangi kemampuan pengereman.

Penelitian yang diinisiasi oleh Karasa pada 2011 mengonfirmasi bahwa perpindahan berat yang terlalu condong ke depan justru membuat rem harus bekerja ekstra, sedangkan bobot belakang mobil relatif lebih ringan justru membatasi kontribusi ban belakang dalam pengereman.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.