Mengejar Kesempurnaan, Motor Listrik UBL Bakal Diuji Touring ke Mandalika

Oleh Arief Aszhari pada 17 Mei 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 17 Mei 2021, 13:00 WIB
BL-SEV01 (Ist)
Perbesar
BL-SEV01 (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Universitas Budi Luhur (UBL) terus melakukan peningkatan performa dan melakukan ubahan serta penyesuaian motor listrik buatannya, BL-SEV01. Bahkan rencananya, motor ramah lingkungan karya mahasiswa ini, akan dites hingga keĀ Mandalika, setelah beberapa waktu lalu sudah diuji coba di sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Kami memiliki rencana untuk menguji motor ini hingga ke Mandalika, setelah di Sentul lalu kami sudah puas dengan hasilnya. Kami ingin menguji lebih jauh lagi motor listrik ini hingga ke Mandalika," jelas Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan Pendidikan Budi Luhur Cakti, Kasih Hanggoro, beberapa waktu lalu.

Pengujian motor listrik ini, rencananya akan dilakukan dengan cara touring atau melakukan perjalanan jauh. Dalam persiapannya, akan lebih ke kapasitas baterai sekaligus untuk menguji ketahanan pengisi daya tersebut, yang diklaim mampu mencapai 100 km dalam satu pengisian penuh.

"Kami akan bawa tiga baterai, jadi nanti tinggal kita ganti-ganti saja sekaligus menguji baterai itu mampu hingga 100 km atau tidak," tambahnya.

Sementara itu, saat menguji dengan melakukan perjalanan jauh ini, pastinya para peneliti akan belajar terkait pemecahan masalah yang bakal terjadi. Hal tersebut menjadi penting, untuk bisa mencapai kesempurnaan dalam pengembangan motor listrik BL-SEV01 ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi

Sebagai informasi, saat dilakukan pengetesan kedua di sirkuit Sentul, Bogor, yang dilaksanakan pada 13 April 2021 di Sirkuit Sentul, dengan tester rider pembalap profesional sekaligus Alumni Universitas Budi Luhur M. Galih Aji Prakoso. Ia langsung melakukan uji coba dengan memaksimalkan BL-SEV01 selama 10 putaran, dan hasilnya performa meningkat jauh jika dibandingkan dengan test ride pertama pada awal 2021.

Usai melewati 10 putaran, motor langsung masuk ke pit stop untuk melakukan pengecekan kondisi dan performa baterai, dan memastikan kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun dan performa bisa meningkat dengan baik. Perubahan di sektor kaki-kaki berpengaruh banyak terhadap performa BL-SEV01, termasuk meningkatkan top speed BL-SEV01 dari 100 km/jam menjadi 135 km/jam.

3 dari 4 halaman

Infografis Karantina Terbatas RT-RW Tekan Kasus Covid-19, Seperti Apa?

Infografis Karantina Terbatas RT-RW Tekan Kasus Covid-19, Seperti Apa? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Karantina Terbatas RT-RW Tekan Kasus Covid-19, Seperti Apa? (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓