Waduh, Kloningan Honda ADV150 Lebih Canggih dari Aslinya

Oleh Liputan6.com pada 11 Mei 2021, 16:02 WIB
Diperbarui 11 Mei 2021, 16:02 WIB
skutik
Perbesar
Dayang Vorela, skutik yang disebut-sebut kloningan Honda ADV150. (Motosaigon)

Liputan6.com, Jakarta - Replika Honda ADV150, muncul di Cina. Nah, bedanya, model KW ini justru dibangun lebih canggih serta kencang dibandingkan yang ditiru.

Mengusung nama Dayang Vorela. Mungkin bukan nama yang keren untuk didengar, atau paling tidak kurang lazim dicatut sebagai nama spesies roda dua.

Tapi Anda perlu membuka diri untuk mengetahui hal ini. Sebab, ia tampak dibuat serius. Bukan mencuri ide mentah begitu saja.

Betul, secara konseptual menerapkan apa yang ADV punya: Skutik tema adventure. Perlu diakui pula bahwa garis-garis bodinya mengikuti arah desain Honda. Hingga ke sisi panel dekat pijakan, serta merta stiker ADV 150.

Namun setidaknya, bodi dibuat dengan beberapa ciri khas tersendiri. Plus sepintas memiliki nuansa berselera. Tidak tampak murahan.

Misal, headlight besar yang diaplikasikan. Dibuat a la dua mata terpisah. Sementara masing-masing memiliki dua reflektor lagi sehingga menciptakan kesan intimidatif.

Dan diperindah pula dengan hiasan sein serta LED DRL di atasnya. Malah, dibuat lubang angin persis di tengah-tengah pemisah lampu.

Tak ketinggalan dipasang windshield tinggi untuk menerpa angin. Dan tentunya memperkaya karakteristik khas petualang. Serta di belakangnya menempel handlebar kokoh dan tebal. Proporsional dengan bentuknya.

Lantas area samping dan belakang, tidak kalah menarik. Semua dibentuk serba kekar. Dan desain stoplamp cukup indah untuk dilihat. Bahkan kadang terlihat lebih manis serta kompak daripada ADV.

Meski, alur V penanda nama tampak agak terlalu memaksakan. Terlepas itu, sisanya baik-baik saja. Dibingkai plastik hitam cerminan motor utilitas tinggi.

 

2 dari 4 halaman

Fitur Lainnya

Perihal format kaki-kaki rupanya juga mirip. Pakai garpu teleskopik travel panjang, serta dual shock breaker dengan tabung. Tentu, pelek palangnya juga dibungkus oleh ban dual purpose. Alias bertapak kasar.

Bagian menariknya ada pada fiur dan dapur pacu. Bayangkan saja, panel instrumennya full digital dengan tampilan berwarna. Bukan monoton. Apalagi ia berkemampuan untuk terkoneksi dengan ponsel pintar.

Menerjemahkan hal-hal hiburan sampai navigasi. Komplet. Jelas saja data fundamental tertera di sana, toh yang tersier saja sudah ada.

Tak berhenti di situ, layar pun memvisualisasikan tangkapan lensa depan belakang. Ya, ada kamera di moncong motor juga di buntutnya.

Secara langsung Anda dapat melihatnya di display. Termasuk merekam jika sewaktu-waktu terjadi hal tidak diinginkan. Seperti dashcam. Canggih bukan?

Mesin? Sama pakai format satu silinder 150 cc injeksi. Juga berjenis SOHC serta hanya dua katup. Tapi perolehan outputnya menyentuh angka 16,2 Hp di 8.500 rpm. Artinya selisih 2 Hp dari mesin milik Honda.

Gap ini cukup jauh buat ukuran skutik segini. Dan juga penting, kapasitas tangki mampu menampung 9,3-liter bensin yang artinya lebih banyak dari ADV. Paket seperti ini di negeri tiongkok dilego sekitar Rp 39 jutaan (Konversi). 

Sumber: Oto.com

3 dari 4 halaman

Infografis 3 Varian Virus Corona Paling Menular Lolos ke Indonesia

Infografis 3 Varian Virus Corona Paling Menular Lolos ke Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 3 Varian Virus Corona Paling Menular Lolos ke Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓