Truk Jangan Hanya Bertenaga dan Berdaya Tahan Tapi Juga Memberikan Kenyamanan

Oleh Septian Pamungkas pada 06 Mei 2021, 15:04 WIB
Diperbarui 06 Mei 2021, 15:04 WIB
UD Quester
Perbesar
Foto: Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - Bagi UD Trucks, truk sebagai kendaraan komersial jangan hanya bertenaga dan berdaya tahan, tetapi juga mampu memberikan kenyamanan bagi pengemudinya. Oleh karenanya, UD Trucks Quester series dilengkapi dengan fitur AC (Air Conditioning) alias penyejuk ruangan.

"(Dengan AC) kenyamanan pengemudi truk tetap terjaga tanpa harus membuka kaca di tengah kemacetan dan polusi udara yang terjadi dan perjalanan tidak perlu banyak perhentian untuk beristirahat sehingga pengemudi bisa tenang berkendara dan aman di jalan raya," terang Chrisnoadhi, Vice President dari PT UD Astra Motor Indonesia dalam keterangan resminya.

AC sebenarnya bukan peranti atau fitur yang berhubungan langsung dengan keselamatan, seperti perangkat rem atau seat belt.

Namun, ada satu ilmu defensive driving yang menganjurkan untuk membuat nyaman dalam kendaraan. Salah satunya dengan AC.

"Sering kali truk yang kita jumpai di jalanan dalam kondisi jendela terbuka, bisa dipastikan di dalam kabin tersebut tanpa AC (Air Conditioning) yang menyala. Padahal, penggunaan AC secara tidak langsung juga berhubungan dengan keselamatan," ujar Catur Wibowo, Defensive Driving Trainer dari ORD Training Center.

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Penggunaan B30

Upaya lain yang UD Trucks lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna produknya adalah dengan beradaptasi dengan penggunaan bahan bakar biodiesel 30 persen atau B30 dengan memanfaatkan inovasi dan teknologi yang mereka kembangkan sejak 2018.

Hal ini selaras juga dengan arahan pemerintah dalam penerapan bahan bakar berstandar EURO 4 untuk mesin diesel di Indonesia. UD Trucks telah menyiapkan berbagai ragam perkembangan untuk menuju tahap EURO 4 di tahun ini.

"Kami sudah menyiapkan improvement itu sejak beberapa waktu lalu, dan sudah mulai berjalan. Tapi secara umum, dengan adanya EURO 4 kami bersyukur dapat turut serta program pemerintah untuk berkontribusi terhadap pengurangan emisi kendaraan yang berpengaruh terhadap penghijauan," pungkas Chrisnoadhi.

3 dari 4 halaman

Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021

Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021
Perbesar
Infografis Dilarang Mudik Lebaran 2021 (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓