Sukses

Hari Pertama Penyekatan Mudik Lebaran 2021, 725 Unit Kendaraan Diputarbalikkan

Penyekatan untuk mendukung larangan Mudik Lebaran 2021 telah diberlakukan, Kamis (6/5/2021) mulai pukul 00.00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Penyekatan untuk mendukung larangan Mudik Lebaran 2021 telah diberlakukan, Kamis (6/5/2021) mulai pukul 00.00 WIB. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Ditlantas Polda Metro Jaya, hingga pukul 05.00 WIB, sudah sebanyak 725 unit kendaraan yang diputarbalikkan oleh pihak kepolisian, yang bertugas di dua gerbang tol yakni Gerbang Tol Cikarang Barat, dan Gerbang Tol Cikupa.

"Gerbang Tol Cikarang Barat ada 317 unit kendaraan, dan Gerbang Tol Cikupa qda 408 unit kendaraan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangan tertulis soal penerapan kebijakan dilarang mudik, melansir News Liputan6.com, Kamis (6/5/2021).

Lanjut Sambodo, bagi masyarakat yang masih nekat melakukan perjalanan mudik lebaran, akan diberikan sanksi berupa putar balik. Hal ini, dilakukan di sejumlah pintu tol, yaitu salah satunya di jalan bebas hambatan Cikunir, seperti yang dibagikan Polda Metro jaya melalui akun Traffic Management Center (TMC).

"00.41 Polri melakukan penutupan jalur Tol Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed di ruas Cikunir 3. Situasi arus lalu lintas terpantau lancar," tulis TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitter-nya.

Begitu pula dengan pintu Tol Cikarang Barat arah Cikampek. Penutupan dilakukan sekitar pukul 00.00 WIB, Kamis ini. "Melaksanakan penyekatan arus mudik Lebaran 2021 di Tol Cikarang Barat (arah ke Cikampek)," tulis TMC Polda Metro Jaya dalam akun Instagramnya.

Selain itu, polisi juga mengunggah video penutupan pintu tol saat dilarang mudik mulai berlaku. Video itu memperlihatkan, sejumlah kendaraan terpaksa berhenti di depan pintu tol karena penutupan tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemantauan

Kabag Bin Opsnal Dit Lantas PMJ AKBP Dermawan Karosekali yang ikut memantau dan mengamankan di Pos Penyekatan Tol Cikarang Barat, mengimbau agar masyarakat tidak mudik guna memutus rantai penyebaran Virus Corona penyebab Covid-19.

"Kami imbau kepada masyarakat yang tetap mudik, kami akan melakukan penyekatan dan mengembalikannya ke Jakarta. demikian saran kami, tetap di rumah, jangan mudik. Terima kasih, selamat pagi dan jangan lupa bahagia," kata Dermawan dalam video yang diunggah TMC Polda Metro Jaya.

3 dari 3 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.