Baru Diperkenalkan, Mobil Listrik KIA EV6 Langsung Jadi Rebutan

Oleh Fahmi Rizki pada 04 Mei 2021, 20:07 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 20:07 WIB
KIA EV6 resmi mengaspal di Inggris
Perbesar
KIA EV6 resmi mengaspal di Inggris

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik terbaru produksi KIA, EV6, akhirnya resmi mendarat di Inggris. Pabrikan asal Korea Selatan ini sudah mengumumkan harga resmi dari mobil listrik tersebut.

Melansir carscoops, KIA EV6 yang sudah diluncurkan untuk pasar Inggris ini tersedia dalam tiga varian yang siap dipinang. Ketiganya antara lain adalah KIA EV6, KIA EV6 GT-Line, dan KIA EV6 GT-Line S.

Untuk harga entry level-nya, mobil listrik ini dibanderol dengan harga 40.895 Poundsterling atau setara Rp 800 jutaan.

Sementara varian satu tingkat di atasnya, GT Line, hadir dengan dua pilihan sistem penggerak, yakni rear wheel drive dengan harga 43.895 Poundsterling atau Rp 879 jutaan, dan penggerak All Wheel Drive dibanderol 47.395 Poundsterling atau Rp 949 jutaan.

Selain itu, untuk kasta tertingginya saat ini, KIA EV6 GT-Line S, juga dihadirkan dalam dua pilihan sistem penggerak yakni Rear Wheel Drive dan All Wheel Drive.

Untuk penggerak belakangnya, ditawarkan dengan harga 48.395 Pounds atau Rp 969 jutaan. Sedangkan sistem penggerak All Wheel Drive dari KIA EV6 GT-Line S, harganya berkisar 51.895 Pounds atau Rp 1,03 miliar.

Tidak hanya perihal harga yang diumumkan, tetapi, dari jumlah unit yang ada di Inggris, semuanya sudah bertuan alias sudah ada yang punya. Sebelum peluncurannya ini, mereka membuka keran pemesanan pada 30 April 2021.

Hasilnya, dari pemesanan yang dibuka ini, mereka berhasil mencatatkan sebanyak 1.250 unit reservasi untuk mobil listrik ini. Artinya, dengan kondisi tersebut maka KIA belum bisa menerima pesanan lagi dari konsumen yang baru memesan pada saat ini.

 

Beda KIA EV6 antar Variannya

KIA EV6
Perbesar
Kia EV6 hadir secara resmi di Inggris

Secara spesifikasi dasar, ada beberapa fitur yang sudah menjadi bawaan dari mobil ini. Namun, salah satu pembeda dari ketiga varian yang ditawarkan selain perbedaan dari fitur, untuk persoalan produksi tenaga juga berbeda. Sebagai gambaran, untuk versi paling bawahnya, model ini hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 226 tk.

Varian berikutnya, KIA EV6 GT-Line dengan sistem penggerak roda belakang, di atas kertas menghasilkan tenaga yang sama, yakni 226 tk. Namun, untuk versi All Wheel Drive, KIA EV6 GT-Line ini mampu memproduksi tenaga sebesar 321 tk. Lonjakan tenaga yang dihasilkan begitu jauh dari versi rear wheel drive.

Pada varian tertingginya, yakni EV6 GT-Line S tenaga yang dihasilkan sama seperti versi GT-Line. Hanya terdapat perbedaan dari sentuhan kosmetik yang dibenamkan pada interiornya.

Mobil listrik KIA EV6 ini dibekali dengan sumber daya baterai berkapasitas 77,4 kWh. Untuk pengisian dari 10 persen sampai 80 persen pengisian baterai, waktu yang dibutuhkan hanya selama 18 menit.

Infografis Jangan Sampai Ada Gelombang Kedua Covid-19

Infografis Jangan Sampai Ada Gelombang Kedua Covid-19
Perbesar
Infografis Jangan Sampai Ada Gelombang Kedua Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓