Serius Bisnis Elektrifikasi, Huawei Berencana Ambil Alih Merek Mobil Kecil

Oleh Arief Aszhari pada 30 Apr 2021, 09:00 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 09:00 WIB
Logo Huawei
Perbesar
Huawei (Foto: Huawei)

Liputan6.com, Jakarta - Huawei Technologies Cina diketahui sedang dalam pembicaraan untuk mengambil kendali atas unit kendaraan listrik dari pembuat mobil domestik kecil. Hal tersebut, diungkapkan oleh dua orang yang mengetahui masalah ini.

Melansir Reuters, langkah ini dianggap sebagai pergeseran strategis bagi perusahaan telekomunikasi tersebut, terlebih dengan bisnisnya yang berada di tengah masa sulit karena Amerika Serikat telah menjatuhkan sanksi kepada perusahaan.

Huawei sendiri sedang dalam pembicaraan dengan Chongqing Sokon untuk mengakuisis saham pengendali di Chongqing Jinkang New Energy Automobile, kata sumber tersebut. Langkah ini, memungkinkan Huawei untuk membuat mobil cerdas dengan papan namanya sendiri. Jinkang sendiri menghitung merek AS EV Seres, yang sebelumnya dikenal sebagai SF Motors sebagai aset utamanya.

Ini juga memberikan bukti pertama, bahwa Huawei ingin lebih dari sekedar menawarkan sistem operasi otomatis dan memiliki peran dari hulu ke hilir dalam bisnis kendaraan listik.

Huawei dan Sokon tidak segera menanggapi permintaan komentar terkait isu ini.

Namun, dorongan untuk membuat mobil pintar, jika diselesaikan akan menandakan pergeseran besar dalam fokus bisnis Huawei setelah dua tahun sanksi dari AS.

Menanggapi perubahan tersebut, the company's rotating chairman Eric Xu mengumumkan perjanjian dengan tiga pembuat mobil Cina, termasuk BAIC Group, sebagai pemasok sistem operasi kendaraan pintar Huawei di Shanghai Auto Show, bulan ini.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tampil di Shanghai Auto Show, Mobil Pertama Huawei Dijual Rp 484 Jutaan

Pabrikan smartphone Huawei, akhirnya menampilkan mobil pertamanya pada gelaran Shanghai Auto Show 2021 yang digelar sejak 19 April lalu. Dalam kehadirannya ini, Huawei, menampilkan mobil Seres SF5 yang merupakan hasil kolaborasi antara raksasa teknologi tersebut dengan perusahaan Cyrus.

Pada debutnya ini, mobil produksi Huawei ini dibekali dengan dimensi panjang 4.700 mm, lebar 1.930 mm dan tinggi 1.625 mm. Selain itu, SF5 yang merupakan mobil hybrid, juga sudah dibekali dengan jarak sumbu roda 2.875 mm.

Jika melihat tampilannya pada pameran otomotif terbesar di Tiongkok ini, huawei Seres SF5 sudah dibekali dengan bahasa desain yang futuristik. Garis yang dihadirkan dari bagian depan terus mengalir sampai pinggul mobil. Selain itu, desain lampu depan serta gril yang futuristis, hadir dengan nuansa yang begitu modern.

Sementara untuk sektor kaki-kaki, mobil ini sudah dibekali dengan profil pelek palang lima yang memadukan nuansa metal dan black. Hal tersebut dikawinkan dengan garis krom pada bagian side skirt sehingga memberikan nuansa yang elegan.

Dalam ruang interiornya, Huawei Seres SF5, sudah dibekali lewat panel cluster instrumen digital yang ditempatkan di belakang steering wheel. Model ini juga mengkombinasikan beberapa akses mulai dari kayu, aksen metalik serta teknologi dial yang premium.

Guna memberikan sebuah nuansa premium untuk pemiliknya, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan ambient light, moon roof, serta kursi depan dengan fungsi pemanas, ventilasi serta didukung dengan fitur pijat.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓