Banyak Pengendara Wanita, Honda Berikan Edukasi Berkendara Motor yang Aman dan Tetap Gaya

Oleh Arief Aszhari pada 29 Apr 2021, 16:32 WIB
Diperbarui 29 Apr 2021, 16:32 WIB
Arab Saudi Perbolehkan Wanita Berkendara Sepeda Motor
Perbesar
Ilustrasi wanita duduk di sepeda motor. (arabianbusiness.com)

Liputan6.com, Jakarta - Kegiatan berkendara motor tidak hanya didominasi oleh pria saja. Kini, banyak wanita yang menjadikan kendaraan roda dua sebagai alat transportasi andalan untuk sehari-hari, karena penggunaannya yang lebih sederhana dibanding mobil.

Namun, untuk dapat beraktivitas dengan aman, nyaman, dan tetap stylish, perempuan perlu memperhatikan beberapa faktor sejak sebelum mulai berkendara.

Atas dasar itu, Honda pun menggelar kegiatan webinar dan talkshow edukasi keselamatan berkendara untuk perempuan, para peserta tidak hanya dibekali tentang cara berkendara yang baik dan benar.

Para instruktur perempuan dari Safety Riding Honda juga berbagi informasi terkait pemilihan pakaian dan perlengkapan berkendara yang aman dan tetap stylish, kondisi apa saja yang memiliki pengaruh terhadap performa berkendara baik secara fisik maupun emosional, postur berkendara yang baik dan benar, bagaimana cara membawa barang yang aman, dan tips untuk tetap berpenampilan menarik ketika berkendara, termasuk penggunaan helm bagi para pengguna hijab.

Dijelaskan Deputi GM Marketing Planning and Analysis AHM, Andy Wijaya, penyampaian edukasi melalui instruktur perempuan Safety Riding Honda diharapkan dapat memberikan pendekatan yang berbeda dan lebih efektif dalam memberikan edukasi safety riding bagi masyarakat, khususnya kaum hawa.

“Jumlah pengendara perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Untuk itu, diperlukan edukasi keselamatan berkendara yang tepat sehingga bersama-sama dapat mewujudkan keselamatan dan kenyamanan di jalan raya bagi semua orang,” ujar Andy, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (29/4/2021).

2 dari 4 halaman

Instruktur

Saat ini, terdapat 143 orang instruktur Safety Riding Honda yang mendampingi masyarakat dalam edukasi keselamatan berkendara di seluruh jaringan main dealer Honda, termasuk diantaranya adalah 22 orang instruktur perempuan.

Semua instuktur Safety Riding Honda telah dibekali berbagai materi untuk mendukung kompetensi tersebut, baik secara teknik dan perlengkapan berkendara maupun kondisi berkendara yang perlu diantisipasi masyakarat.

Untuk mengasah kompetensi tersebut, AHM juga secara konsisten menggelar kompetisi Astra Honda Safety Riding Instructors yang diikuti oleh para instruktur safety riding Honda dari seluruh Indonesia sejak tahun 2007, dimana sejak tahun 2013 atensi lebih juga diberikan kepada para perempuan untuk dapat bersaing pada kategori khusus yaitu kategori Instruktur Perempuan.

3 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓