Ridwan Kamil Tertarik Bikin Motor Listrik Bergaya Bobber Klasik

Oleh Arief Aszhari pada 28 Apr 2021, 17:09 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 17:09 WIB
Ridwan Kamil Juga Berencana Desain Gesits Bobber Klasik (Ist)
Perbesar
Ridwan Kamil Juga Berencana Desain Gesits Bobber Klasik (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke pabrik motor listrik, Gesits di Cileungsi, Jawa Barat, Selasa (27/4/2021). Pria yang akrab disapa Kang Emil ini, sekaligus merasakan dengan melakukan uji coba atau test ride kendaraan yang diproduksi oleh PT WIKA Industri Manufaktur ini.

Tidak hanya melihat dan menguji secara langsung motor listrik Gesits ini, Ridwan Kamil juga berencana untuk kolaborasi dengan mendesain dan membuat motor kustom listrik.

"Saya akan kolaborasi, mendesain dan bikin motor listrik Gesits tipe custom dengan gaya bobber klasik tapi listrik. Insya Allah keren. Maju terus kendaraan listrik di Indonesia. Tetap semangat!," tulis Ridwan Kamil, seperti disitat dari akun resmi instagramnya, @ridwankamil, Rabu (28/4/2021).

Lanjutnya, jika berbicara manufaktur otomotif, untuk ekosistem dari A sampai Z pasti ada di Jawa Barat, dan menjadi salah satu yang terbaik di Asia Tenggara. Bahkan, ini menegaskan, jika masa depan kendaraan adalah bukan bensin lagi, tapi listrik.

"Teknologi dan performa kendaraan listrik harus terus dikembangkan agar setara dengan performa kendaraan berbasis BBM. Termasuk desain motornya yang harus selalu inovatif dan menjangkau seluruh segmen konsumen yang beragam," jelasnya.

2 dari 4 halaman

Peningkatan populasi

Sementara itu, Ridwan Kamil juga menjelaskan, bahwa pihaknya ingin ada peningkatan populasi kendaraan listrik di wilayahnya secara signifikan.

"Dalam kurun waktu 10 tahun, Provinsi Jawa Barat, akan memberlakukan aturan yang mewajibkan populasi penggunaan kendaraan listrik mencapai 30 persen dari populasi biasanya. Efisiensi biaya menjadi salah satu alasannya," jelas Ridwan Kamil, dalam kunjungannya tersebut.

Salah satu langkah konkrit yang sudah dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah penggunaan mobil listrik sebagai kendaraan.

Mobil dinas tersebut sudah digunakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat sejak beberapa waktu lalu.

3 dari 4 halaman

infografis motor listrik

infografis motor listrik
Perbesar
motor listrik lebih murah dalam perawatan, tapi tidak untuk baterai (liputan6.com/abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓