Yuk Usir Mager Saat Puasa dengan Membersihkan Filter Kabin Mobil

Oleh Fahmi Rizki pada 28 Apr 2021, 16:04 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 16:04 WIB
Bersihkan filter kabin selagi senggang untuk kesehatan
Perbesar
Bersihkan filter kabin selagi senggang untuk kesehatan

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi berpuasa yang membuat mager alias malas gerak kerap menjadi alasan untuk tidak beraktivitas. Namun, untuk tetap memberikan ketenangan dalam mengendarai mobil, yuk hilangkan rasa mager dengan melakukan perawatan terhadap filter kabin AC mobil.

Filter AC menjadi komponen yang penting untuk kesehatan di dalam kabin. Apalagi setelah mobil berjalan cukup jauh, pada filter kabin tersebut sudah pasti banyak menempel debu serta kotoran.

Untuk memberikan kebersihan pada kabin, salah satu caranya adalah dengan melakukan bersih-bersih secara mandiri.

Untuk membersihkan filter AC tidak sulit, karena yang dibutuhkan adalah hanya beberapa tools untuk membuka laci pada bagian dashboard. Pada umumnya, filter kabin berada di balik boks atau tempat penyimpanan dashboard.

Kondisi mobil dengan mobilitas tinggi pasti akan membuat filter AC menjadi kotor. Tapi, dalam melakukan bersih-bersih, tidak boleh menggunakan air sabun. Hanya perlu diketukkan agar kotoran yang menempel bisa terlepas.

"Cara bersihinnya ya tinggal diketok aja filternya. Itu kan kertas yang ada bulu-bulu halusnya. Jangan membersihkan filter AC pakai air sabun, ini akan menghilangkan bulu-bulu tadi. Kalau hilang, kan tidak ada kotoran yang menempel nantinya," jelas Dandi, mekanik Subur Jaya Jakarta.

 

2 dari 4 halaman

Penggunaan Kompresor atau Vakum Lebih Disarankan

Filter kabin yang bersih, akan memberikan dampak baik pada mobil
Perbesar
Filter kabin yang bersih, akan memberikan dampak baik pada mobil

Namun, alangkah baiknya dalam membersihkan filter AC bisa menggunakan vakum atau kompresor. Tentunya, dengan udara yang dikeluarkan dari alat tersebut, akan lebih kuat ketimbang harus mengetuknya.

Dalam melakukan pembongkaran memang membutuhkan tingkat ketelitian. Membongkar ruang penyimpanan dashboard juga harus dilakukan dengan hati-hati dan jangan sampai ada bagian yang patah saat membukanya.

Setelah filter AC dibersihkan, sudah pasti hawa di dalam kabin akan lebih sehat karena tidak ada lagi debu dan kotoran yang menempel pada kertas filter tadi. Selamat mencoba!

3 dari 4 halaman

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas

Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas
Perbesar
Infografis Akses dan Fasilitas Umum Ramah Penyandang Disabilitas. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓