Sukses

Terungkap, Ini Penyebab Emak-Emak Naik Motor Pilih Lewat Jalan Tol

Sosok emak-emak yang viral di media sosial karena tap uang elektronik lalu masuk ke jalan tol menggunakan sepeda motor sudah terungkap oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. Emak-emak berinisial B mengaku kurang memahami rambu-rambu lalu lintas.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok emak-emak yang viral di media sosial karena tap uang elektronik lalu masuk ke jalan tol menggunakan sepeda motor sudah terungkap oleh Ditlantas Polda Metro Jaya. Emak-emak berinisial B mengaku kurang memahami rambu-rambu lalu lintas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, B berasal dari Riau. Ia tidak menguasai jalan di DKI Jakarta, sehingga memanfaatkan Global Positioning System (GPS) sebagai petunjuk arah. Saat itu, B diarahkan ke pintu tol Angke 1 di Jakarta Utara. Yusri curiga, B menggunakan GPS yang dikhususkan untuk pengendara roda empat.

"B alamat sesuai e-KTP di Riau, pengakuan dia tidak terlalu hapal dengan Jakarta makanya pakai GPS bahkan dia punya E-toll card. Tapi dia sepertinya pakai GPS untuk mobil," kata di Polda Metro Jaya, Selasa (27/4/2021).

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial, memperlihatkan seorang emak-emak dengan santai bayar dan masuk tol sambil menunggangi sepeda motor. Padahal, jalur tol hanya diperuntukkan kendaraan roda empat atau lebih.

Aksi emak-emak terekam kamera penggendara dan diunggah oleh akun @harry_affandy di media sosial. Nampak, emak-emak berada di Gerbang Tol Otomatis (GTO) non tunai. Dia pun menempelkan kartu uang elektroniknya sebelum masuk tol. Bahkan, dengan santainya ia melaju di jalan bebas hambatan tersebut, berbarengan dengan mobil yang melintas.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beberapa Orang Jadi Saksi

Ditlantas Polda Metro Jaya turun tangan mempelajari rekaman video. Beberapa orang dimintai keterangan sebagai saksi. Pemeriksaan saksi itupun membuahkan hasil.

Yusri menerangkan, pengendara sesuai SNTK beralamat di Tangerang Selatan. Kepada polisi, P mengaku tidak mempunyai kendaraan seperti yang terlihat di dalam video.

"Nama sesuai STNK ini P, alamatnya di Tangsel. Kemungkinan sepeda motor pakai KTP si P," ujar dia.

Selang berapa lama, perempuan yang terlihat di dalam video menyambangi Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Jadi P kemarin datang ke sini pagi hingga siang terus tiba-tiba pemilik kendaraan ini datang ke Polda Metro Jaya melaporkan diri ke sini ini yang kemudian kita dalami dan keterangan awal," ucap dia.

Saat ini, sepeda motor yang dipakai oleh B disita sebagai barang bukti. Yusri menyebut B dikenai sanksi tilang. Selain itu, pihaknya juga mensosialisasikan mengenai aturan dalam berkendara sepeda motor.

"Ada dua pelanggaran pertama pelanggaran rambu lalin kedua tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)," ujar dia. 

Sumber: News Liputan6.com

Penulis: Ady Anugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Varian B117 Covid-19 Seperti di India Sudah Masuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.