Sukses

Lepas Kabel Aki Jika Motor Tak Dipakai Lama, Ini Alasannya

Agar aki tak mudah soak, banyak tips yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mencopot kabel aki jika motor tidak dipakai dalam waktu lama.

Liputan6.com, Jakarta - Agar aki tak mudah soak, banyak tips yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mencopot kabel aki jika motor tidak dipakai dalam waktu lama.

Dalam kondisi itu, memang sebaiknya kabel aki motor harus dilepas.

Menurut laman Federal Oil, meski mesin motor dalam keadaan mati, komponen kelistrikan masih bisa menyedot arus listrik dari aki. Alhasil, seiring berjalannya waktu aki akan soak.

Namun untuk melepas dan memasang kembali kabelnya jangan sampai asal-asalan. Ada beberapa hal yang patut Otolovers ikuti.

Pertama lepaskan kabel konektor kutub negatif. Langkah ini sangatlah penting untuk menghindari kerusakan di bagian kelistrikan sepeda motor.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Salah Urutan

Pasalnya jika melepas kabel konektor kutub positif terlebih dahulu, akan berisiko korsleting. Jika terjadi, maka malah akan merusak banyak komponen sepeda motor.

Sedangkan untuk memasangnya kembali, lakukan langkah sebaliknya. Pasang lebih dulu kabel positif dan diikuti dengan kabel negatif.

Otolovers pun tak perlu bingung untuk membedakan kutub negatif dan positif. Biasanya kutub positif ditutup dengan karet berwarna merah. Selain itu, biasanya juga sudah diberi tanda yang cukup jelas.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.