Sukses

Pakai Aroma Terapi Lebih Baik Ketimbang Parfum Mobil, Ini Alasannya

Penggunaan aroma terapi pada mobil yang mengambil basis dari essential oil, akan lebih baik daripada penggunaan parfum mobil yang sarat akan zat kimia.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk menghasilkan aroma yang segar sepanjang perjalanan bersama mobil kesayangan, tentu aroma kabin menjadi salah satu hal yang bisa menopangnya. Penggunaan parfum mobil sering kali menjadi alternatif untuk menghadirkan nuansa rileksasi yang menyenangkan.

Tapi, dalam pengaplikasiannya, tidak semua parfum mobil itu baik dan menyehatkan untuk kabin mobil. Terlebih, biasanya parfum atau pewangi mobil ini dibuat dari bahan kimia. Kadang ada juga efeknya teradap kulit lantaran sering terpapar zat kimia yang ada di dalam parfum atau pewangi tersebut.

Dalam hal ini, sambil mengisi waktu luang ada baiknya Anda melakukan penggantian pewangi tersebut dengan menggunakan yang lebih alami. Sekarang ini, ada banyak essential oil yang bisa digunakan untuk menggantikan peran pewangi kabin mobil. Penggunaan ini juga dipercaya lebih ramah terhadap zat kimia yang berseliweran di dalam kabin.

"Biasanya saya menyarankan untuk tidak menggunakan pewangi atau pengharum ruangan yang berbahan kimia begitu banyak. Sebagai solusinya, saya menyarankan kepada mereka untuk menggunakan essential oil atau menggunakan wangi-wangian yang natural atau alami," ujar Sugeng, bengkel spesialis AC di Jakarta Barat.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jangan Tempatkan di Depan Grill AC

Selain itu, dalam pemasangannya pun juga harus diperhatikan. Sugeng, menambahkan, sebisa mungkin jangan meletakkan pewangi atau parfum mobil di depan grill AC. Ini dikarenakan, zat kimia yang dikeluarkan tersebut akan langsung dihembuskan lewat angin AC dan langsung terhirup oleh pengemudi atau penumpang yang ada di dalam mobil.

"Satu lagi, untuk peletakkan pengharum atau parfum mobil sebisa mungkin jangan di depan grill AC. Ini akan langsung terhirup saat bernafas kan ya. Kalau bisa gunakan yang bisa di tempatkan di dashboard, jadi memang itu aromanya menyebar dengan sendirinya," tambah Sugeng.

Untuk alternatif, beberapa pewangi natural yang bisa diaplikasikan dan disimpan di dalam mobil adalah biji kopi asli, daun pandan atau menggunakan bunga melati.

3 dari 3 halaman

Infografis Sinovac Belum Termasuk Vaksin Covid-19 Syarat Umrah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.