Mobil Baru dan PPnBM Bikin Penjualan Honda Naik Signifikan

Oleh Arief Aszhari pada 20 Apr 2021, 13:00 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 13:00 WIB
All new Honda Brio
Perbesar
All new Honda Brio (Honda)

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) terus mempertahankan penjualan yang positif memasuki kuartal pertama 2021. Pencapaian tersebut, didukung dengan penyegaran beberapa produk dan program relaksasi pajak yang membuat permintaan konsumen meningkat.

Jenama berlambang huruf H ini mengawali 2021 dengan langsung meluncurkan tiga produk baru pada Februari, yaitu new Honda CR-V, new Honda Brio RS Urbanite Edition dan new Honda Odyssey. Kemudian, pada Maret lalu, Honda menambah line-up produknya dengan memperkenalkan Honda City Hatchback RS di Indonesia.

Penyegaran dan peluncuran produk baru Honda tersebut juga bertepatan dengan diberlakukannya aturan relaksasi Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), yang diberlakukan pada awal Maret. Berdasarkan aturan tersebut, relaksasi pajak diterapkan untuk produk-produk Honda seperti Mobilio, BR-V, HR-V, dan termasuk produk-produk yang baru diluncurkan seperti Brio RS, CR-V dan City Hatchback RS.

Dijelaskan Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, secara total produk-produk Honda yang mendapatkan relaksasi PPnBM mencatat peningkatan penjualan sebesar 265 persen dibandingkan Februari, dengan HR-V 1.5 mencatat peningkatan penjualan tertinggi, disusul oleh Brio RS, Mobilio, dan BR-V.

"Kami juga mencatat peningkatan permintaan untuk produk terbaru kami yang pada awal April lalu mendapatkan relaksasi pajak yaitu New Honda CR-V dan Honda City Hatchback RS. Saat ini kami fokus untuk menjaga pasokan untuk dapat memenuhi permintaan konsumen dalam waktu secepatnya," ujar Yusak Billy, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Selasa (20/4/2021).

Honda mencatat penjualan retail sebesar 10.048 unit pada Maret lalu, meningkat sebesar 67 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Kontribusi tertinggi masih datang dari Brio yang menyumbangkan 47 persen dari total penjualan, Brio Satya terjual sebanyak 2.612 unit dan Brio RS sebanyak 2.148 unit.

2 dari 4 halaman

Model Lain

Sementara itu, HR-V 1.5L mencatat penjualan sebesar 2.918 unit, Mobilio sebesar 1.078 unit, dan BR-V sebesar 286 unit.

Sedangkan CR-V berhasil membukukan penjualan sebanyak 682 unit, HR-V 1.8L sebanyak 132 unit, Civic Hatchback sebanyak 60 unit, Jazz sebanyak 41 unit, Odyssey sebanyak 6 unit dan City Hatchback sebanyak 1 unit. Pada segmen sedan, Civic Sedan meraih penjualan sebesar 44 unit, Accord sebanyak 23 unit, City Sedan sebanyak 16 unit dan Civic Type R sebanyak 1 unit.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah

Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Vaksinasi Covid-19 Lansia di Indonesia Masih Rendah. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓