Sukses

Terkait Kendaraan Listrik, Menhub Berharap Bisa Jadi Kebutuhan Massal

Menteri Perhubungan berharap masyarakat dapat meningkatkan penggunaan kendaraan listrik guna memberikan dampak yang lebih baik untuk kehidupan

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengunjungi pameran kendaraan listrik yang diselenggarakan Ditjen Perhubungan Darat, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, berharap ini tren elektrifikasi di Indonesia akan menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat di Indonesia.

Terlebih, menurut Budi Karya, hal tersebut sudah diatur melalui Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

"Kita ingin kendaraan listrik ini bisa menjadi kebutuhan massal. Melalui regulasi Peraturan Presiden, telah mengamanatkan bahwa kita harus mengarah ke penggunaan kendaraan listrik," jelas Menteri Perhubungan, Budi Karya, dalam keterangan resminya.

Salah satu langkah yang kini sudah ditempuh, Kemenhub, telah membuat sejumlah regulasi mengenai kendaraan listrik melalui Permenhub yang mengatur beberapa hal.

Dari regulasi tersebut, hal yang diatur melalui Kemenhub adalah pengujian tipe fisik kendaraan bermotor listrik, kendaraan tertentu dengan menggunakan penggerak motor listrik, konversi sepeda motor dengan penggerak motor listrik berbasis baterai.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 2030 Ada Peningkatan Signifikan Terkait Penggunaan Mobil Listrik

Melalui turunan ini, Menteri Perhubungan, menargetkan bahwa pada 2030 sudah ada penggunaan kendaraan listrik dalam jumlah yang signifikan.

“Kami juga akan membuat Peta Jalan (Road Map). Dimana pada tahun 2030 ditargetkan kendaraan listrik sudah siginfikan digunakan oleh masyarakat banyak,” beber Budi Karya.

Salah satu tujuan dengan adanya kendaraan listrik ini adalah penghematan atas penggunaan bahan bakar minyak yang semakin lama kapasitas produksinya semakin menurun.

"Diharapkan penggunaan kendaraan listrik menjadi kendaraan pilihan masyarakat yang ramah lingkungan dan dapat meningkatkan kualitas udara di Indonesia," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Benarkah Sudah Divaksin Masih Bisa Kena Covid-19?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.