Tips Menghadapi Kemacetan Menjelang Buka Puasa Selama Bulan Ramadhan

Oleh Arief Aszhari pada 15 Apr 2021, 17:01 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 17:01 WIB
20160606- Bulan Puasa Jam Macet Pulang Kerja Bergeser Lebih Awal-Jakarta-YR
Perbesar
Kepadatan kendaraan tampak panjang menjelang waktu berbuka puasa di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Senin (6/6/2016). Jam kemacetan di Jakarta selama bulan puasa diprediksi akan terjadi mulai pukul 15.00 WIB. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi virus Corona Covid-19 memang masih mengancam selama bulan Ramadhan. Jika memang tidak ada keperluan yang sangat penting, usahakan tetap tinggal di rumah dan tidak berkegiatan di luar.

Namun, hal tersebut tentu saja tidak bisa dilakukan oleh sebagian orang yang memang harus bekerja di luar, dan menggunakan kendaraan pribadi, seperti mobil dan motor. Bahkan, saat bulan Ramadhan kali ini, penggunaan roda empat atau roda dua masih cukup banyak, dan tetap menimbulkan kemacetan terlebih jelang berbuka puasa.

Akibat padatnya kondisi lalu lintas ini, banyak pengguna jalan yang salah memprediksi waktu perjalanan pulang. Akhirnya, berbuka di jalan menjadi pilihan.

Menurut beberapa sumber yang dihimpun Liputan6.com, ada beberapa tips yang dapat direalisasikan saat terjebak macet di jalan saat waktu berbuka puasa:

Persiapkan makanan ringan atau minuman yang bisa dikonsumsi di dalam mobil atau kendaraan. Ini untuk antisipasi bila kita terpaksa berbuka puasa di jalan.

Usahakan jangan membawa makanan berat seperti nasi serta lauk-pauk. Makanan berat dapat merepotkan pengemudi, lebih baik jika makan makanan tersebut saat sudah tiba di rumah.

2 dari 4 halaman

Prokes

Selain itu, karena masih masih pandemi, selalu patuhi protokol kesehatan saat hendak berbuka puasa di jalan. Jika memang tidak bisa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, selalu sediakan hand sanitaizer atau pembersih tangan. Kemudian, jangan lepas masker memang jika tidak sedang makan.

Lalu, pastikan radio mobil berfungsi dengan baik. Selain bisa mendengarkan lagu agar tak bosan di jalan, informasi radio dapat menambah wawasan prihal kabar berita terkini.

Selain itu, radio juga dapat mengetahui kapan jadwal adzan Magrib berkumandang. Namun informasi waktu adzan juga bisa menggunakan aplikasi dari smartphone.

 

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓