Canggih, Toilet di Jepang Bisa Deteksi Kondisi Pengemudi

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2021, 12:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi
Perbesar
Ilustrasi toilet netral gender. (dok. pexels.com/@timmossholder)

Liputan6.com, Ebina - Pengemudi kendaraan bermotor sebaiknya beristirahat sejenak setelah berkendara selama berjam-jam. Dengan istirahat yang cukup, pengemudi bisa fokus berkendara lagi.

Nah, terkait kelelahan saat mengemudi, ada toilet canggih yang bisa mengukurnya di Jepang, tepatnya di Area Layanan Ebina, Prefektur Kagawa yang berjarak sekitar 45 menit dari Tokyo.

Menurut laporan SoraNews24 dari Cnet, cara mengoperasikannya pun cukup mudah. Pengguna hanya perlu mengaktifkan sensor dari toilet melalui layar sentuh. Selain itu, pengguna harus memilih kelompok usia dan memberitahu sistem jika merasa lelah.

Proses pengukuran tingkat kelelahan kurang lebih selama satu menit. Ketika sensor aktif akan ada getaran di dudukan toilet. Kemudian sensor tersebut akan mengukur fluktuasi denyut nadi.

 

2 dari 4 halaman

Dilengkapi Sensor

Secara khusus, sensor mencari fluktuasi dari saraf simpatik dan saraf parasimpatik. Kemudian akan dianalisis dan toilet canggih tersebut akan mengeluarkan hasilnya. Pengguna akan diberi tahu antara lelah, agak lelah, atau tidak lelah.

Sebagai catatan, pada dasarnya toilet ini bukanlah nasihat tenaga medis, namun hanya sebatas pengingat agar pengemudi mau beristirahat saat berkendara. Selain itu, toilet canggih ini berada di tempat peristirahatan terkenal. Banyak wahana permainan dan kuliner di tempat ini. 

Sumber: Otosia.com

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat
Perbesar
Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓