Jangan Bingung, Aplikasi Pembuatan SIM Online Menyatu dengan Aplikasi Digital Korlantas Polri

Oleh Liputan6.com pada 15 Apr 2021, 10:00 WIB
Diperbarui 15 Apr 2021, 16:57 WIB
Membuat Smart SIM
Perbesar
Petugas kepolisian menunjukkan Smart SIM (Surat Izin Mengemudi) dan aplikasi Smart SIM yang saling terhubung, di Jakarta, Minggu (22/9/2019). Korlantas Polri resmi menghadirkan Smart SIM yang diluncurkan bersamaan dengan layanan SIM online. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)
Liputan6.com, Jakarta -

Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Sigit Prabowo telah meluncurkan aplikasi perpanjangan SIM A dan SIM C secara online atau disebut dengan SIM Nasional Presisi (SINAR). Langkah ini merupakan bagian dari program presisi Kapolri menuju era digitalisasi 4.0

Kapolri menambahkan dengan sistem yang ada saat ini, sudah tidak ada lagi komunikasi langsung dengan masyarakat. Seperti ETLE, Ini semua bukan menakut-nakuti, tetapi ini mendisiplinkan. Karena utamanya keselamatan berlalu lintas dimana pengguna jalan semua harus selamat.

Kapolri berharap ke depan pelayanan Polri semakin baik dengan menerapkan digitalisasi atau IT dalam setiap pelayanan.

“Harapan saya tentunya ini akan menambah semangat rekan-rekan tampil lebih baik. Hari ini terbukti rekan-rekan mampu mewujudkan hal tersebut. Dengan memanfaatkan teknologi informasi ini kita bisa memanfaatkan big data, dan ini bisa dilakukan di masa depan dengan tergabung di dukcapil, etle, dan SIM,” sambung Kapolri.

Selain itu Kapolri juga berharap dengan adanya aplikasi SINAR ini dapat mengurangi antrean bagi orang yang melakukan perpanjangan langsung, karena ada opsi lain dengan perpanjangan online. Meski demikian aplikasi ini sudah mulai dapat diakses sejak 13 April lalu melalui smartphone berbasis Android. Pada peluncurannya Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H juga menyampaikan ke depannya akan dapat diakses oleh seluruh pengguna smartphone baik Android maupun iOs.

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Bukan Aplikasi Terpisah

Namun jangan sampai salah, aplikasi SIM Nasional Presisi ini di layanan Play Store di smartphone berbasis Android saat ini tergabung dalam aplikasi Digital Korlantas Polri. Pada aplikasi tersebut terlihat beberapa pilihan menu seperti ETLE, SIGNAL (Samsat Digital Nasional), dan tentu SIM Nasional Presisi atau SINAR. Jadi aplikasi SINAR bukan satu aplikasi terpisah.

Para pemohon yang mengajukan untuk pembuatan SIM melalui aplikasi SINAR harus melengkapi data-datanya untuk kemudian menentukan jadwal ujian praktek secara langsung. Aplikasi SINAR baru berlaku untuk perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online dan pemohon tidak perlu datang ke satpas. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas untuk melakukan ujian praktik dengan catatan lolos atau memenuhi persyaratan saat registrasi online.

Selanjutnya pemohon juga diwajibkan untuk membayar pembuatan maupun perpanjang SIM baik untuk kendaraan roda empat (A) atau roda dua (C). Berikut rincian biaya yang akan dikenakan untuk pembuatan dan perpanjangan Surat Ijin Mengemudi:

1. SIM A - Pembuatan SIM A Rp 120.000 - Perpanjang SIM A Rp 80.000

2. SIM C - Pembuatan SIM C Baru Rp100.000 - Perpanjang SIM C Rp75.000.

Sumber: Oto.com

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓