Sukses

Perawatan Helm Tetap Perlu Dilakukan Meski Bulan Ramadhan

Dalam bulan Ramadhan, waktu menjelang Maghrib sering dimanfaatkan bikers dengan ngabuburit. Agar ngabuburit menjadi lebih bermanfaat, berikut tips membersihkan helm.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam menunggu waktu berbuka puasa Ramadhan, ada banyak hal yang bisa dilakukan di rumah. Terlebih bagi bikers yang memang belum melakukan perawatan helm, kegiatan membersihkan helm juga bisa dilakukan sambil ngabuburit.

Menurut Surya, perawatan helm harus dilakukan secara rutin agar kesehatan pada padding helm tetap memberikan efek yang baik untuk kesehatan kulit wajah dan kepala.

"Membersihkan helm itu menjadi wajib agar kebersihan tetap terjaga. Perawatan helm harus dilakukan secara rutin, karena jika helm sudah bersih dan wangi, secara tidak langsung memberikan kenyamanan dalam berkendara," ujar Surya.

Sebelum membersihkan helm, ada beberapa hal yang harus dipahami. Telebih untuk penggunaan kain lap yang akan digunakan dalam membersihkan helm.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal Penting dalam Membersihkan Helm

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh bikers ketika membersihkan helm yaitu:

1. Bersihkan area kaca visor

Area visor merupakan bagian paling penting dari sebuah helm. Jika bagian itu kotor, bersihkan dengan air bersih lalu lap dengan kain halus atau lap microfiber.

Hindari mengelap helm dengan kain yang berbahan kasar, karena bisa menyebabkan kaca visor baret yang malah mengganggu visibilitas saat helm digunakan.

2. Bersihkan bagian ventilasi helm

Untuk kenyamanan sirkulasi udara yang mengalir masuk dan keluar pada helm, pastikan kalian secara rutin membersihkan bagian ventilasi helm.

Kalian bisa menggunakan cotton buds untuk menjangkau celah-celah pada ventilasi helm. Pastikan tak ada kotoran atau debu yang menempel di area ventilasi udara tersebut.

3. Bersihkan busa helm

Kalian bisa mencuci bagian busa padding pipi dan padding atas kepala helm. Cucilah dengan air hangat dan hindari mencuci sabun dengan detergen.

Setelah dicuci keringkan busa padding dalam helm itu dengan cara diangin-anginkan saja. Hindari pengeringan singkat dengan menggunakan hair dryer atau alat pemanas lainnya yang bisa mempersingkat waktu pengeringan.

Cukup keringkan bagian busa padding dalam helm itu dengan cara diangin-anginkan saja dan dalam suhu ruangan. Jangan dijemur dibawah terik matahari langsung.

Hal ini demi menjaga kodisi bagian busa padding helm tetap lembut dan tidak mengkerut akibat panas berlebihan.

3 dari 3 halaman

Infografis Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.