Bengkel Ini Bisa Konversi Vespa Konvensional Menjadi Motor Listrik

Oleh Fahmi Rizki pada 05 Apr 2021, 10:01 WIB
Diperbarui 05 Apr 2021, 10:01 WIB
Vespa klasik dikonversi menjadi Vespa listrik (Rideapart)
Perbesar
Vespa klasik dikonversi menjadi Vespa listrik (Rideapart)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik Vespa klasik yang masih mengandalkan mesin 2-Tak mulai ketar-ketir karena adanya peraturan regulasi tentang emisi. Tidak hanya di Indonesia, tetapi hal tersebut juga digalakkan di seluruh dunia untuk menciptakan udara yang lebih bersih tanpa adanya polusi udara.

Dengan diberlakukannya regulasi tersebut, maka pemilik Vespa nantinya tidak akan bisa melakukan riding dengan Vespa yang memiliki mesin di sebelah kiri. Namun, jika Anda pemilik motor Vespa klasik dan ingin melakukan konversi dari motor konvensional ke motor listrik, kami punya jawabannya.

Sebuah bengkel Vespa di Inggris, Retrospective Scooters London, bisa mewujudkan keinginan Anda yang ingin bernostalgia dengan Vespa tapi tidak mencemari lingkungan. Di bawah komando Niall McCart dan John Chubb, pemilik Vespa yang ingin melakukan konversi kini bisa dilayani oleh dua orang tersebut.

Sebagai proyek percontohan mereka, Vespa Primavera lansiran 1976 berhasil dirubah yang semua menggunakan mesin 2-Tak konvensional kini menjadi motor listrik. McCart yang merupakan pensiunan Angkatan Laut Kerajaan Inggris, sukses melakukan perubahan di beberapa sektor sehingga membuat Vespa klasik listrik ini bisa kembali eksis.

"Saya telah melakukan banyak perhitungan prinsip pertama tentang kekuatan motor listrik dan bagaimana cara kerjanya pada skuter listrik. Saya melihat semua persamaannya, akhirnya saya dan John Chubb melakukannya dengan cara yang persis sama," jelas McCart, melansir Rideapart.

 

2 dari 4 halaman

Perubahan Kompartemen Pada Vespa Klasik

Tangki bahan bakar dirubah fungsi untuk menaruh baterai listrik (Rideapart)
Perbesar
Tangki bahan bakar dirubah fungsi untuk menaruh baterai listrik (Rideapart)

Dalam melakukan konversi dari motor konvensional ke motor listrik, McCart dan Chubb, langsung melakukan pengerjaan pertamanya. Di sini ia menggantikan tangki bahan bakar dengan baterai lithium-ion. Lantas, perubahan lainnya yang dilakukan adalah membuat swing arm custo yang ditujukan untuk mengakomodasi hub-mount motor listrik.

Setelah menyempurnakan unit kontrol baru dan berbagai komponen, keduanya sukses menampilkan pada ajang Vespa World Days di Belfast, Irlandia Utara pada Juni 2018 silam. Setelah debut perdananya tersebut, kini McCart dan Chubb, melakukan revisi pada beberapa bagian untuk menyempurnakan hasil yang diproduksinya. Salah satunya adalah perubahan baterai lithium-ion yang memiliki daya 64 Volt.

Untuk mengonversi Vespa dan Lambretta yang lama menjadi kendaraan listrik, biaya yang diharus dikeluarkan oleh konsumen adalah sebesar USD 4.766 atau setara dengan Rp 69 jutaan (dengan kurs Rp 14.558).

3 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff

Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pakai Masker Kain SNI, Jangan Scuba dan Buff. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓