Sukses

Ducati Lakukan Recall untuk Multistrada V4, Ada Masalah Apa?

Pabrikan sepeda motor Ducati terpaksa melakukan recall terhadap model Multistrada V4 akibat ada masalah pada mesinnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik Ducati Multistrada V4 harus segera memeriksakan motor mereka ke dealer terdekat. Ini dikarenakan adanya kampanye penarikan kembali atau recall yang dilakukan Ducati untuk model tersebut.

Mengenai alasan recall ini disebabkan oleh tingkat keausan mesin yang lebih dari biasanya, serta kepala katup yang mengalami kegagalan fungsi. Meski demikian, Ducati, menjelaskan bahwa tidak semua model Multistrada V4 terkena dampak dari recall tersebut.

Hal ini dikarenakan Ducati memiliki dua vendor yang memproduksi kepala katup. Dari dua vendor yang digunakan, hanya satu vendor yang dikatakan mengalami hal tersebut.

Dari tingkat keausan pada mesin yang lebih besar, prinsipal menjelaskan masalah yang timbul nantinya adalah motor akan kehilangan daya serta sistem kerja dari kepala katup tersebut menjadi tidak maksimal.

Berdasarkan laporan dari National Highway Traffic Safety Adminisstration (NHTSA, ada sekitar 129 Multistrada V4 yang mengalami hal tersebut. Artinya, menurut Ducati, jumlah tersebut masih bisa ditolerir karena unit yang terdampak hanya sebagian kecil.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ducati Lakukan Penggantian Mesin Gratis

Jika pemilik Ducati Multistrada V4 mengalami hal tersebut, nantinya pihak diler akan mengontak konsumen dan melakukan perbaikan secara cuma-cuma. Pemanggilan konsumen akan dilakukan pada 15 April 2021, dan pabrikan akan melakukan penggantian mesin secara gratis kepada motor yang terdampak dari recall tersebut.

Sementara itu, bicara spesifikasinya, motor ini dipersenjatai dengan mesin V4 dengan tenaga sebsar 170 dk dan sudah menggunakan teknologi katup pegas yang diadopsikan dari motor balap mereka di MotoGP yakni Desmodromic.

3 dari 3 halaman

Infografis Daripada Jemput Virus Corona, Mendingan Liburan di Rumah Saja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.