Mengintip Toyota Land Cruiser 78 Khusus Pengangkut Vaksin

Oleh Liputan6.com pada 01 Apr 2021, 18:00 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 18:00 WIB
Toyota Land Cruiser Khusus Pengangkut Vaksin
Perbesar
Toyota Land Cruiser Khusus Pengangkut Vaksin (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Tsusho Corporation, Toyota Motor Corporation (Toyota), dan B Medical System S.a.r.I. (B Medical Systems) sepakat untuk membuat mobil khusus pengangkut vaksin.

Kendaraan khusus ini sudah mendapatkan prakualifikasi Performance, Quality and Safety (PQS) dari World Health Organization (WHO).

Dikutip dari Toyota Global, Kamis 1 April 2021, ide membuat mobil khusus ini muncul setelah melihat banyaknya vaksin yang terbuang sia-sia. Tercatat, vaksinasi ini merupakan tindakan efektif untuk melawan penyakit menular dan vaksin yang wajib diberikan kepada bayi, harus disimpan di suhu 2-8 derajat Celcius.

Namun 20 persen vaksin yang dipasok ke negara berkembang justru terbuang sia-sia karena infrastruktur yang tidak memadai. Begitu pula dengan sarana transportasi yang tidak punya lemari pendingin membua vaksin menjadi rusak.

Alhasil, setiap tahun 1,5 juta nyawa anak melayang akibat vaksin rusak dan tak dapat diberikan.

2 dari 5 halaman

Tak Punya Sistem Kualifikasi Sendiri

Sekadar informasi, PQS adalah sistem kualifikasi alat dan peralatan medis untuk memberikan standarisasi alat dan perlatan medis. Sistem ini dibuat oleh WHO.

Negara berkembang umumnya tidak memiliki sistem kualifikasi sendiri untuk alat dan peralatan medis yang mendukung untuk pengiriman vaksin.

Inisiatif kendaraan pengangkut vaksin ini dibuat agar bisa mengatasi permasalahan pengiriman vaksin di negara berkembang. Kendaraan ini bisa digunakan untuk program COVAX yang mendistribusikan vaksin COVID-19 secara adil ke negara-negara berkembang.

3 dari 5 halaman

Ini Dia Mobil yang Digunakan

Kendaraan yang dipilih untuk dijadikan sebagai pengangkut vaksin adalah Toyota Land Cruiser 78. Mobil ini dilengkapi dengan kulkas khusus vaksin CF850 B Medical Systems.

Lemari pendingin ini berkapasitas penyimpanan 396 liter atau 400 paket vaksin. Bertenaga baterai, kulkas itu bisa beroperasi selama 16 jam dalam tanpa diisi daya. Kulkas itu bisa diisi baterainya saat kendaraan dijalankan atau menggunakan charger saat mobil diparkir.

Toyota Tsusho Group dan Toyota Customizing memodifikasi Land Cruiser 78 agar bisa dijadikan pengangkut vaksin. “ Kami ingin memberikan keselamatan dan keamanan,” ujar perseroan.

Sumber: Dream.co.id

4 dari 5 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓