Sukses

Malaysia Kembangkan Mobil Listrik Murah, Indonesia Makin Tertinggal

Proyek mobil listrik MyKar dari perusahaan star-up Malaysia, EV Innovation kembali menunjukan perkembangan

Liputan6.com, Jakarta - Proyek mobil listrik MyKar dari perusahaan star-up Malaysia, EV Innovation kembali menunjukan perkembangan. Perusahaan Negeri Jiran ini baru saja menandatangani nota kesepahaman dengan Malaysia Automotive Robotics and IoT Institute (MARii) terkait proses homologasi agar proyek ini siap untuk diproduksi.

Melansir Paultan, anak perusahaan penyedia teknologi dan komunikasi lokal ini, System Consultancy Services (SCS) juga menandatangani MoU dengan Ingress Corporation terkait pembuatan suku cadang.

Tanda tangan kerjasama ini dilakukan di Sirkuit Internasional Sepang, sekaligus melihat prototipe MyKar. Sejatinya, mobil ini sudah ditampilkan pertama kali pada 2019, dan terakhir dilihat pada September tahun lalu.

Tidak banyak berubah, mobil yang didasarkan konsep ini, MyKar masih jauh dari versi produksi. Bentuk interiornya memang familiar, mirip dengan Honda Jazz. Pasalnya, pintu dan suspensi mobil ini diambil langsung dari hatchback asal Jepang tersebut.

Namun, dalam penampilan terbarunya ini, mobil ini mendapatkan penyegaran dari segi mekanis. Bermodalkan baterai yang ditingkatkan, 28,7 kWh dengan daya jelajah 300 km dengan waktu pengisian 4,3 jam.

Jantung penggeraknya masih sama, dengan tenaga yang dihasikan sebesar 24 kW (32 hp) dan torsi 295 Nm. Dari segi performa, kecepatan maksimum yang diklaim adalah 104 km/jam, dengan 0-100 km / jam dalam waktu 16,7 detik.

Dengan spesifikasi tersebut, MyKar kemungkinan akan diproduksi secara lokal dan akan memiliki harga di bawah RM50.000 atau setara Rp 174 jutaan. Tapi, pihak perusahaan sendiri mengatakan, tidak akan membangun kendaraan seperti itu.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Uji Lapangan

Perusahaan memiliki video dari tes yang sama yang dilakukan awal tahun ini. Sebelum dipamerkan kemarin, mobil tersebut telah menjalani beberapa uji lapangan sebelum pandemi dimulai.

Pertama, adalah uji jarak dan daya tahan di Sirkuit Internasional Sepang pada Februari, dan yang kedua, uji performa di Landasan Udara Putrajaya pada Maret, yaitu saat pengambilan video.

Di tempat lain, MyKar menghindari kaca spion samping untuk sistem kamera dan penampil layar LCD ganda di dalam mobil, dan strip panel surya yang terlihat di atap kendaraan mengisi baterai terpisah, yang memberi daya pada sistem pendingin udara solid-state mobil.

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.