Sukses

Trik Menghilangkan Getah Pohon yang Menempel di Bodi Mobil

Jika terpaksa parkir mobil di bawah rindangnya pepohonan, hal yang mesti diwaspadai adalah getah pohon yang menetes dan mengotori bodi kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Jika terpaksa parkir mobil di bawah rindangnya pepohonan, hal yang mesti diwaspadai adalah getah pohon yang menetes dan mengotori bodi kendaraan.

Jika dibiarkan terlalu lama, getah akan merusak cat pada bodi luar mobil. Sayangnya, membersihkan getah ini tak semudah pakai tisu atau kain kering. Ada trik tersendiri untuk menghilangkan getah di mobil

Dikutip dari Auto2000, menghilangkan getah dengan air panas. Sesaat setelah kamu mengetahui ada getah di mobil, segera bersihkan agar mempermudah proses pengelupasannya.

Pertama, semprot kendaraan pakai air bersih ke seluruh bodi luarnya. Ke dua, siapkan air panas yang dicampur dengan sabun. Ambil lap microfiber dan celupkan ke cairan ini.

Ke tiga, gosoklah permukaan mobil dengan lap microfiber yang sudah dicelupkan ke cairan sabun dengan air panas. Gosok perlahan sampai getah hilang dari bodi mobil.

Keempat, bilas permukaan bodi kendaraan berulang kali sampai tidak ada sabun atau noda tersisa. Kelima, keringkan dengan kain lembut dan lapisi permukaan mobil dengan pemoles (wax).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan Pembersih Khusus 

Kalau cara menghilangkan getah di mobil yang pertama tidak berhasil, cobalah trik ke dua berikut ini. Langkah pertama, cucilah mobil dengan sabun dan air panas.

Pastikan debu dan kotoran sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kedua, belilah pembersih getah pohon komersial dan baca petunjuk cara penggunaan. Ke tiga, tuangkan sedikit cairan pembersih ke atas lap bersih, kemudian tutupkan ke atas bodi mobil yang terkena getah.

Sambil menutup, tekan perlahan lap selama kurang lebih satu menit. Cara ini dilakukan agar pembersih meresap ke dalam getah dan melepasnya dari permukaan mobil.

Ke empat, gosoklah bagian yang kena getah dengan gerakan memutar untuk menghapusnya. Terakhir, cuci dan poleslah mobil seperti cara pada poin sebelumnya. Untuk hasil maksimal, kamu bisa menggungakan epoxy cat pada mobil.

 

3 dari 4 halaman

Gunakan Bahan-Bahan yang Ada di Rumah 

Cara menghilangkan getah di mobil yang terakhir adalah dengan menggunakan peralatan yang sudah tersedia di rumah. Ada beberapa produk yang bisa digunakan, antara lain semprotan cairan penetran atau cairan pembersih tangan.

Langkah pertama, cuci mobil dengan sabun dan air panas. Kedua, gunakan produk yang disebutkan tadi untuk menghilangkan getah. Coba dahulu menggunakan cairan pembersih tangan yang beralkohol. Getah bisa dihilangkan dengan mengelapnya secara perlahan.

Jika tidak mempan, coba bahan lain, yaitu cairan penetran. Semprotkan bahan ini pada bagian yang terkena getah. Biarkan selama beberapa menit sampai cairan diserap oleh getah, kemudian gosok dengan lap bersih. Kalau belum bisa juga, gosoklah getah dengan cairan pembersih tangan. Teteskan cairan pada noda dan diamkan beberapa menit. Gosok dengan kain untuk menghilangkannya.

Hal yang harus diperhatikan ketika mencoba cara menghilangkan getah di mobil adalah berhati-hati dengan segala cairan yang digunakan. Sebab, jika terlalu banyak menggunakannya, bisa-bisa malah merusak cat bodi mobil alih-alih getah yang menempel.

Sumber: Dream.co.id

4 dari 4 halaman

Infografis Tilang Elektronik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini