Sukses

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Memutuskan Membeli Mobil Baru

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 0 persen yang berlaku Maret hingga April 2021 bisa menjadi salah satu pertimbangan masyarakat untuk membeli mobil

Liputan6.com, Jakarta - Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) hingga 0 persen yang berlaku Maret hingga April 2021 bisa menjadi salah satu pertimbangan masyarakat untuk membeli mobil.

Namun, selain hal tersebut memang ada beberapa faktor lain yang harus diperhatikan saat ingin membeli kendaraan baru, terutama untuk tahun ini.

Menurut Sukma Dewi, Asst to Sales Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan konsumen dalam membeli mobil yang tepat:

1) Sesuaikan dengan Kebutuhan

Membeli mobil perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika membutuhkan mobil dengan desain tangguh dan bisa digunakan di berbagai medan, bisa memilih SUV. Jika menginginkan mobil yang mampu menampung banyak penumpang atau keluarga, bisa memilih MPV.

2) Sesuaikan dengan Anggaran

Setelah memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan, poin penting lainnya adalah anggaran. Pilihlah mobil yang harganya sesuai dengan yang sudah disiapkan, sehingga perencanaan keuangan keluarga tetap terjaga.

3) Perhatikan Informasi Pendukung & Lokasi Diler Resmi Terdekat

Informasi pendukung seperti program promosi, test drive, harga jual kembali, dan ketersediaan layanan purnajual seperti servis, penggantian dan pembelian suku cadang, serta perawatan kendaraan tentunya menjadi hal yang krusial saat hendak membeli mobil. Selain itu, jaringan diler dan bengkel resmi juga patut diperhatikan agar lebih mudah mendapatkan layanan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4) Perhatikan Momen Saat Membeli Mobil

Hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli kendaraan adalah momentum yang bisa mendatangkan keuntungan, seperti awal tahun, akhir tahun, atau momen besar lain yang menawarkan banyak promosi. 

Saat ini, dengan adanya kebijakan PPnBM 0 persen dari pemerintah, adalah salah satu momen yang tepat karena harga kendaraan mengalami penurunan, termasuk XL7 dan All New Ertiga. 

Selain itu, adanya program promosi dari Suzuki Finance berupa potongan angsuran sebanyak 3x dan gratis asuransi banjir semakin menguntungkan konsumen yang hendak membeli mobil Suzuki.

"Memilih kendaraan memang perlu pertimbangan dalam banyak aspek, baik untuk penggunaan pribadi ataupun bisnis," ujar Sukma Dewi.

3 dari 3 halaman

Infografis Sertifikat Vaksin Covid-19 Jadi Syarat Bepergian?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.