Sukses

Kamu Perlu Tahu, Ini Penyebab Oli Mesin Rembes

Oli mesin rembes kerap dialami kendaraan bermotor. Pada sepeda motor, ada beberapa faktor yang menyebabkan oli rembes.

Liputan6.com, Jakarta - Oli mesin rembes kerap dialami kendaraan bermotor. Pada sepeda motor, ada beberapa faktor yang menyebabkan oli rembes.

 

Mengutip Wahana Motor, berikut informasi lengkap mengenai apa saja penyebab oli motor bocor yang perlu diketahui. 

Volume oli yang berlebihan

Jika dicermati, pada dinding mesin kendaraan biasanya terdapat informasi mengenai volume cairan pelumas mesin tersebut.

Lewat informasi itu bisa mengetahui seberapa banyak kuantitas pelumas yang ada di dalam mesin kendaraan. Apabila oli yang terisi dalam mesin berlebihan tentu saja hal tersebut dapat menyebabkannya merembes sampai keluar.

Nah, opsi lain yang bisa dilakukan menggunakan dipstick. Tak hanya berfungsi sebagai tutup lubang pengisian oli saja, perangkat ini juga biasa digunakan untuk melihat seberapa banyak kapasitas oli yang ada di dalamnya.

Sahabat Dream juga bisa melihat bagaimana kondisi kekentalan oli di dalam dengan alat ini. Apabila oli sudah sangat kental dan berwarna hitam pekat maka itu berarti adalah waktunya untuk berganti oli.

Seal Rusak atau Habis Usia Pakainya 

Seal yang sudah berada dalam kondisi tidak prima juga bisa menjadi penyebab bocornya oli pada kendaraan. Ini bisa terjadi ketika komponen tersebut pecah atau mengalami keretakan karena usia pakainya yang sudah melampaui batas.

Perlu diketahui komponen seal ini terbuat dari karet yang jika terpapar panas terus menerus akan membuat teksturnya menjadi keras.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan komponen tersebut dapat retak sewaktu-waktu. Jika sudah demikian, solusi utamanya adalah melakukan penggantian pada komponen seal dengan yang baru.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Packing Mesin Sudah Tua 

Faktor berikutnya juga bisa dipengaruhi packing mesin motor yang bocor. Hal ini biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah cukup lama atau karena motor yang digunakan sudah tua.

Untuk itu jika kendaraan roda dua dirasa sudah berusia cukup tua, segera cek kondisi berbagai macam komponen yang ada di dalamnya. Salah satunya adalah packing mesin karena ia memiliki peran yang cukup vital bagi kendaraan.

Itulah tadi beberapa penyebab oli bocor yang kerap terjadi dan sering dialami banyak pengendara motor. Apapun faktor penyebabnya, sahabat Dream harus segera memperbaikinya agar hal tersebut tidak berlangsung terus menerus. Terlebih oli memiliki peran penting dalam operasional sebuah kendaraan.

Jika oli dibiarkan bocor atau merembes begitu saja, lama kelamaan kuantitas oli dalam motor akan berkurang bahkan hingga habis seluruhnya. Tentu hal tersebut akan menghambat kinerja mesin dan membuatnya tidak maksimal dalam bekerja.

Oli yang bocor juga bisa saja mengotori lantai atau bahkan jalanan yang dilewati. Jika dalam jumlah besar, oli bocor ini juga akan berbahaya bagi pengendara lain karena dapat membuat permukaan jalan menjadi licin.

Maka dari itu, perhatikanlah setiap komponen pada kendaraan dan segera perbaiki apabila terdapat masalah atau kerusakan dari faktor internalnya.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.