Sukses

Kupas Tuntas Fitur Canggih Mitsubishi New Pajero Sport Dakar dan Dakar Ultimate

New Mitsubishi Pajero Sport resmi mengaspal di Indonesia pada pertengahan Februari 2021 lalu. SUV andalan pabrikan berlogo 3 berlian ini mendapatkan penyegaran yang signifikan dari berbagai sisi.

Liputan6.com, Jakarta - New Mitsubishi Pajero Sport resmi mengaspal di Indonesia pada pertengahan Februari 2021 lalu. SUV andalan pabrikan berlogo 3 berlian ini mendapatkan penyegaran yang signifikan dari berbagai sisi.

Indonesia merupakan negara yang penting untuk Mitsubishi Pajero. Sejak pertama kali diperkenalkan untuk masyarakat Indonesia pada 2009, Pajero Sport telah mendapatkan penerimaan yang baik dengan total populasi 164.773 unit. 

Pada periode 2015 hingga Januari 2021, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mencatat sebanyak 348.000 unit Pajero Sport terjual. Indonesia menjadi penyumbang penjualan terbesar dengan 89.000 unit, diikuti Thailand dengan 80.000 unit, Filipina 66.000 unit, Australia 34.000 unit, dan Russia 26.000 unit.

Di Indonesia, Pajero Sport ditawarkan dalam 6 varian, yaitu GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, Exceed (4x2) AT, Dakar (4x2) AT,  Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT. Rentang harga mulai dari Rp502,8 juta (Exceed (4x2) MT) hingga Rp733,7 juta (Dakar Ultimate (4x4) AT).

GLX (4x4) MT, Exceed (4x2) MT, dan Exceed (4x2) AT mengadopsi mesin 2,5 liter 4D56 Commonrail Turbocharged yang menghasilkan tenaga 136 ps pada 4.000 rpm dengan torsi puncak 324 Nm pada 2.000 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 5-percepatan atau manual 5-percepatan.

Sedangkan varian Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT, dan Dakar Ultimate (4x4) AT mengadopsi mesin 2,4 liter 4N15 Mivec Turbocharged yang menghasilkan tenaga 181 ps pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm. Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. 

Berdasarkan mesin dan transmisi yang diadopsi, Pajero Sport varian Dakar dan Dakar Ultimate menawarkan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan. Selisih tenaga sebesar 45 ps dan torsi 106 Nm tentu saja menggiurkan bagi Anda yang senang memegang kendali mobil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Canggih

Semua lampu Dakar dan Dakar Ultimate sudah mengadopsi sistem LED. Mulai dari headlamp, daytime running light, cornering lamp, fog lamp, hingga rear combination lamp. Headlamp washer juga siap untuk membersihkan headlamp saat dibutuhkan. Fitur Kick Sensor yang berfungsi untuk membuka pintu bagasi hanya tersedia pada varian Dakar Ultimate.

Dari segi keselamatan, Dakar dan Dakar Ultimate sudah dilengkapi fitur ABS+EBD, Brake Assist, 7-airbags, sabuk pengaman untuk semua penumpang, dua ISO-FIX Child Seat Anchor di baris kedua, Active Stability & Traction Control, Hill Start Assist, Trailer Stability Assist, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System, serta kamera mundur. 

Varian Dakar Ultimate memiliki fitur keselamatan canggih tambahan seperti Forward Collition Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist, dan Rear Cross Traffic Alert. Sedangkan fitur Hill Descent Control dan Multi Around View Monitor hanya dimiliki Dakar Ultimate 4x4.

Berbicara soal kenyamanan saat berkendara, fitur cruise control tersedia pada varian Dakar. Sedangkan untuk adaptive cruise control disematkan pada Dakar Ultimate. Adaptive cruise control berfungsi untuk mempertahankan kecepatan mobil tanpa perlu menginjak pedal gas. Saat kecepatan kendaraan di depan melambat, maka mobil pun akan menyesuaikan kecepatan sehingga jarak tetap terjaga. 

Menurut Rifat Sungkar, pembalap dan Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, keunggulan Pajero Sport terbaru terletak pada performa yang lebih baik dan lebih tangguh. "Salah satu featurenya adalah off road mode pada varian Dakar Ultimate 4x4 yang diciptakan untuk konsumen yang ingin mengeksplore menantang lintasan off road," ungkap Rifat. 

 

 

3 dari 4 halaman

Terhubung dengan Smartphone

Fitur pintar yang menjadi nilai tambah adalah Mitsubishi Remote Control. Fitur yang hanya tersedia di semua varian Dakar ini memungkinkan pemilik mobil untuk mengatur mobil melalui aplikasi di smartphone. 

Yang perlu dilakukan adalah menghubungkan smartphone melalui Mitsubishi Remote Control menggunakan konektivitas Bluetooth di sistem layar hiburan 8 inci. 

Setelah terhubung, pemilik mobil bisa mengoperasikan power tail gate, mengetahui informasi status mobil, mencari lokasi mobil dengan menyalakan headlamp selama 30 detik, pengingat jika lampu mobil lupa dimatikan, pintu belum tertutup rapat, kaca belum tertutup, status baterai keyless operating system, bisa mematikan lampu hazard dan  mengunci pintu.

4 dari 4 halaman

Infografis Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.