Rem Tangan Bisa Jadi Solusi Rem Blong, Ikuti Cara Aman Ini

Oleh Arief Aszhari pada 14 Mar 2021, 12:25 WIB
Diperbarui 14 Mar 2021, 12:25 WIB
rem
Perbesar
Ilustrasi rem tangan. (ist)

Liputan6.com, Jakarta - Saat mengendarai mobil, mengalami rem blong adalah masalah yang sangat serius. Masalah tersebut bisa menyebabkan kecelakaan yang mengakibatkan luka berat hingga meninggal dunia.

Melansir laman resmi Hyundai Indonesia, ketika mengalami rem blong, bisa mencoba memperlambat laju kendaraan dengan rem tangan.

Pasalnya, rem tangan memiliki jalur yang berbeda dengan rem pedal. Untuk rem kaki, beroperasi dengan menggunakan cairan minyak rem yang kemudian akan menekan kaliper dan memperlambat laju mobil.

Umumnya, rem blong terjadi karena tekanan tersebut hilang ataupun karena rem mengalami panas berlebih atau overheat.

Bila kerusakan yang terjadi adalah karena kehilangan tekanan misalnya karena ada kebocoran, udara dalam sistem, ataupun cairan mendidih karena panas, rem tangan bisa membantu memperlambat laju mobil.

Hal ini karena rem tangan bekerja dengan kabel yang ditarik oleh tuas rem tangan. Dengan begitu, rem belakang yang diatur oleh rem tangan masih bisa menggigit. Karena itu juga rem tangan sering disebut sebagai E-Brake atau Emergency Brake.

2 dari 4 halaman

Cara Aman

Rem Tangan
Perbesar
Rem tangan berfungsi agar mobil tidak bergerak saat parkir. (Sigit TS/Liputan6.com)

Tetapi, saat menarik rem tangan, lakukanlah secara perlahan. Jika ditarik secara cepat dan langsung, bisa mengunci roda belakang dan mengakibatkan oversteer yang tentunya bisa berbahaya.

Pada rem tangan elektronik, ketika tuas ditarik, rem akan secara otomatis diaplikasikan secara perlahan sehingga kemungkinan oversteer akan sangat minim.

 

3 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan Indonesia

infografis Mobil Kepresidenan
Perbesar
Mobil Kepresidenan di Indonesia
4 dari 4 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓