Sukses

Langkah Daihatsu Menjembatani Murid-Murid SMK dengan Dunia Industri

Untuk meningkatkan kerja sama antara SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), PT Astra Daihatsu Motor selenggarakan Gebyar Pintar Bersama Daihatsu untuk Wilayah Jawa Timur dan Bali.

Liputan6.com, Blitar - Untuk meningkatkan kerja sama antara SMK dengan Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja (IDUKA), PT Astra Daihatsu Motor selenggarakan Gebyar Pintar Bersama Daihatsu untuk Wilayah Jawa Timur dan Bali pada hari Jumat, 5 Maret 2021.

Pada acara ini, Daihatsu memberikan akreditasi kepada sekolah binaan Daihatsu serta menyerahkan donasi mesin dan transmisi sebagai dukungan bagi kegiatan pembelajaran di SMK. 

Kegiatan Pintar Bersama Daihatsu ini merupakan salah satu dari empat pilar CSR ADM yang sudah berjalan sejak tahun 2008. Melalui pilar ini, ADM berkomitmen untuk mendukung pembelajaran murid-murid SMK, baik dalam hard skill, maupun soft skill. 

Kepala SMK Islam 1 Blitar, Solihin, mengatakan bahwa puluhan siswanya mendapatkan kemudahan dalam memperoleh pekerjaan melalui adanya program PBD. Bahkan ada sekitar 16 siswa SMK Islam 1 Blitar yang telah mendapat kesempatan bekerja di ADM sebelum dinyatakan lulus sekolah.

SMK Islam 1 Blitar merupakan salah satu SMK yang mendapatkan akreditasi A. Sehingga selain mendapat penghargaan, juga memperoleh kesempatan untuk membuka jasa service bagi masyarakat sekitar.

“Program Pintar Bersama Daihatsu bukan hanya sekadar kerja sama antara ADM dan SMK, namun merupakan upaya link and match atau menikahkan kebutuhan SMK dan dunia industri, sehingga motto Vokasi kuat menguatkan Indonesia pun dapat segera terwujud,” pungkas Yoga Dina Suryawan, General Affair Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Andalkan Tiga Model, Pangsa Pasar Daihatsu Tumbuh Pada Februari 2021

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengawali penjualan pada dua bulan pertama tahun ini dengan pencapaian yang cukup baik. Meskipun pandemi Corona Covid-19 masih berlangsung di Indonesia, jenama asal Jepang ini mampu menorehkan angka ritel sebesar 17.942 unit pada Januari dan Februari 2021.

Secara nasional, penjualan ritel otomotif di Indonesia hingga Februari 2021 mencapai sekitar 100 ribu unit dan Daihatsu dengan capaian yang tembus lebih dari 17 ribu unit ini memiliki kontribusi market share sebesar 17,8 persen untuk pasar otomotif Indonesia.

 

Pada penjualan ritel hingga Februari 2021, penjualan Daihatsu didominasi oleh tiga model utama, yaitu Gran Max Pick-Up 5.788 unit, atau berkontribusi sebesar 32,3 persen, disusul Sigra 4.305 (24 persen), dan Ayla sebanyak 2.298 unit (12,8 persen).

Sedangkan model lain, seperti Terios berhasil terjual sebanyak 2.285 unit atau berkontribusi sebesar 12,7 persen, Gran Max sebesar 1.727 unit atau berkontribusi sebesar 9,6 persen, dan Xenia 1.183 unit atau berkontribusi 6,6 persen.

Sementara dua model lainnya, yaitu Luxio dan Sirion sebesar 356 persen dan kontribusi 2,0 persen.

Dijelaskan Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM, pihaknya bersyukur dapat mengawali penjualan 2 bulanan di awal tahun 2021 dengan baik, disertai market share 17,8 persen.

"Kami percaya, pasar otomotif tahun ini akan lebih baik daripada tahun sebelumnya, terlebih pemerintah telah memberikan insentif relaksasi PPnBM untuk menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Amelia.   

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.