Sukses

Terlalu Sering Pakai Standar Samping, Ini Efek Negatifnya

Meski tak terlalu banyak mengeluarkan tenaga dalam pengoperasiannya, penggunaan standar samping ternyata ada efek negatifnya loh.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa tipe motor dilengkapi dengan dua standar yang ditempatkan pada dua sisi, yakni tengah dan samping. Dalam hal penggunaan, standar samping memang lebih praktis dan mudah ketimbang standar tengah.

Meski tak terlalu banyak mengeluarkan tenaga dalam pengoperasiannya, penggunaan standar samping ternyata ada efek negatifnya loh.

Pertama, standar samping dapat membuat motor yang terparkir lebih mudah jatuh. Saat diparkir di jalan yang tidak rata, motor yang menggunakan standar samping bisa menjadi sangat miring dan sangat mudah jatuh saat tersenggol.

Hal ini juga bisa merugikan tidak hanya motor sahabat Dream, tetapi juga motor di sebelahnya. Jadi pastikan memarkir kendaraan di daerah yang permukaannya datar.

Kedua, ketika menggunakan standar samping posisi motor menjadi tidak seimbang dan condong ke kiri. Hal ini bisa membuat sisi sebelah kiri ban motor menjadi lebih cepat gundul.

Dalam posisi ini, permukaan ban yang menyentuh aspal juga lebih banyak dan dapat membuat tekanan angin di dalam ban semakin berkurang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Merusak Shock

Tidak hanya itu, posisi ini juga membuat suspensi di sebelah kiri menjadi lebih berat. Akibatnya shock menjadi condong ke satu sisi dan shock kiri akan lebih cepat rusak.

Terakhir, diakui atau tidak, banyak pengendara yang seringkali lupa untuk menaikkan standar mereka setelah parkir dengan standar samping.

Hal ini bisa membahayakan keselamatan Anda dan orang lain yang ada di jalanan apalagi ketika motor condong ke samping.

Memarkirkan motor dengan standar tengah cukup sulit dan memakan tenaga. Namun tenaga ini tidak seberapa jika dibandingkan dengan berbagai risiko yang bisa menimpa motor dan keselamatan anda saat berkendara di jalan.

Sumber: Dream.co.id

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.