Sukses

5 Pertolongan Pertama Saat Motor Kesayangan Terendam Banjir

Hujan deras masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi menyebabkan banjir. Para pengguna kendaraan pribadi seperti sepeda motor harus bisa mengantisipasi hal ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hujan deras masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi menyebabkan banjir. Para pengguna kendaraan pribadi seperti sepeda motor harus bisa mengantisipasi hal ini.

Sepeda motor yang sudah terendam banjir bisa mengalami dua tingkat kerusakan. Pertama motor terendam sampai keseluruhan body atau permukaan air berada di atas saringan udara.

"Jika motor sudah terendam banjir secara keseluruhan, jangan sesekali memutar kunci kontak ke posisi ON. Jika ini dilakukan bisa mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Baiknya, bersihkan seluruh badan sepeda motor yang sudah terendam banjir dengan cara membilas dengan air bersih," buka Ade Rohman selaku Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Kedua, motor terendam hanya sampai setengah badan atau permukaan air berada dibawah saringan udara.

Berikut 5 hal yang harus dilakukan ketika motor terendam banjir seperti yang dianjurkan Ade Rohman:

1. Bersihkan motor

Pertama yang harus dilakukan adalah ketika terendam banjir dengan level di bawah saringan udara, bersihkan sepeda motor dengan air bersih. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terjadinya karat pada bagian-bagian sepeda motor yang terendam banjir akibat adanya kotoran dan kerak yang menempel pada komponen sepeda motor tersebut.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Tidak menghidupkan mesin

Setelah sepeda motor kebanjiran, sebaiknya jangan menyalakan mesin terlebih dahulu. Hal ini dikhawatirkan terdapat air yang masuk ke dalam silinder melalui saringan udara atau knalpot. Ini sebagai upaya untuk menghindari terjadinya kerusakan pada area silinder, klep, piston dan komponen lainnya.

"Kita juga harus memastikan air tidak masuk ke area saringan udara melalui indikasi yang terlihat pada bekas aliran air yang menempel di daerah saringan udara tersebut dan juga knalpot. Jika ragu, maka lepaskan busi terlebih dahulu, kemudian engkol mesin menggunakan kick starter beberapa kali untuk memastikan atau membersihkan ruang silinder jika ada air yang masuk ke dalam silinder tersebut walaupun dalam jumlah yang sedikit," imbuh Ade.

3 dari 6 halaman

3. Cek kondisi oli mesin dan oli gardan

Hal ini wajib dilakukan sebelum menghidupkan mesin terlalu lama pasca terendam banjir. Perhatikan perubahan oli mesin dan oli gardan terhadap adanya perubahan warna. "Jika warna oli berubah menjadi berwarna kecoklatan atau seperti susu, itu dipastian oli sudah terkontaminasi dengan air atau air rembes yang masuk kedalam mesin sehingga harus dilakukan pengurasan oli," terang Ade.

Ade menyarankan pengurasan oli dilakukan secara berulang menggunakan oli yang baru, serta harus dipastikan air yang masuk sudah tidak ada lagi. Jika langkah ini tidak dilakukan dan mesin tetap dipaksakan untuk dihidupkan tanpa dilakukan pengurasan oli terlebih dahulu, maka akibatnya akan sangat fatal dan merusak komponen yang bergerak di dalam mesin dan gardan tersebut.

4 dari 6 halaman

4. Periksa busi dan tutup busi

Setelah dipastikan tidak ada air yang masuk ke dalam mesin, selanjutnya masuk ke langkah pembersihan busi dan tutup busi. "Hal ini sangat penting dikarenakan komponen tersebut adalah komponen penting untuk mengatur sistem pengapian di dalam mesin," ungkap Ade.

Jika kondisi busi dan tutup busi dalam keadaan basah atau terdapat kerak, bahkan umur pakai busi dan tutup busi sudah melebih masa umur pakai, maka mesin tidak akan dapat dihidupkan dengan mudah.

Cara membersihkan busi, di antaranya lepaskan tutup busi terhadap busi dengan cara menarik tutupnya secara perlahan, lepaskan busi menggunakan kunci busi yang sesuai, lalu keringkan dan bersihkan busi menggunakan kain lap bersihSelain itu periksa busi terhadap adanya keretakan pada bagian keramik dan mengecek fungsi dan nyala api busi

Sedangkan cara membersihkan dan memeriksa tutup busi, Ade menjelaskan, buka dan lepaskan tutup busi dengan memutar tutup busi sambil sedikit ditarik dari kabel coil sekunder. Kemudian bersihkan tutup busi menggunakan kain lap

"Periksa kondisi sil penutup yang menempel pada tutup busi tersebut terhadap adanya sobek, dan retak-retak. Ganti dengan yang baru apabila terdapat kerusakan," tukasnya.

5 dari 6 halaman

5. Periksa saringan udara

Setiap motor terendam banjir, salah satu yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi saringan udara. Hal ini juga penting dilakukan untuk memastikan fungsi dari saringan udara masih dalam kondisi baik. Apabila saringan udara sudah terendam air walaupun hanya sebagian kecil saja harus segera dilakukan penggantian menggunakan yang baru.

"Jika hal ini tidak dilakukan, maka kondisi saringan udara yang sudah terendam air tersebut tidak akan bekerja dengan normal sehingga kinerja mesin pun akan menjadi terganggu," pungkasnya.

Sumber: Otosia.com

6 dari 6 halaman

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.