Sukses

Mengenal Beragam Zat Aditif Oli Mesin dan Manfaatnya untuk Sepeda Motor

Banyak hal yang bisa menyebabnya berkurang oli mesin sepeda motor. Misalkan kebocoran mesin hingga penguapan oli. Penggunaan zat aditif yang tepat merupakan solusi untuk tetap mengoptimalkan oli di mesin.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang bisa menyebabnya berkurang oli mesin sepeda motor. Misalkan kebocoran mesin hingga penguapan oli. Penggunaan zat aditif yang tepat merupakan solusi untuk tetap mengoptimalkan oli di mesin. Saat ini oli sepeda motor modern memiliki beragam kandungan aditif.

Berikut adalah zat aditif dikutip dari laman resmi Federal Oil:

1. Anti Oksidan, berfungsi mencegah terjadinya proses oksidasi pada molekul pelumas. Lalu ada Detergent, untuk menjaga permukaan logam bebas kotoran.

2. Aditif Dispersant bertujuan mengendalikan dan membawa kotoran agar terdispersi merata dalam pelumas.

3. Aditif Anti Karat atau Anti Korosi merupakan komposisi penting yang berfungsi untuk mencegah terjadinya karat pada bagian logam yang berhubungan dengan pelumas.

4. Aditif Anti Wear untuk mencegah gesekan dan keausan permukaan mesin. Kalau dijabarkan, aditif Anti Wear ada beberapa macam, nanti dirumuskan formulasi pelumasnya agar sesuai dengan kebutuhan mesin.

5. Aditif Friction Modifier dipakai meningkatkan tingkat kelicinan film pelumas. Kandungan Pour point despressant, menjadikan pelumas tetap mudah mengalir pada temperatur rendah.  

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anti Foam

6. Aditif Anti Foam berfungsi mencegah terbentuknya busa pada pelumas. Sebab jika terdapat busa pada oli, maka komponen Anti Wear jadi tidak berfungsi dan keausan lebih besar dapat terjadi

7. Kemudian yang terakhir adalah aditif untuk menjaga viskositas (kekentalan) oli agar tetap stabil pada suhu rendah dan tinggi.

Pada poin terakhir, terdapat zat aditif untuk menjaga viskositas. Ya, viskositas atau tingkat kekentalan oli juga mempengaruhi penguapan oli sepeda motor.

Namun, adanya aditif tersebut akan tetap menjaga penguapan berada dalam batas normal volume oli yang dibutuhkan oleh mesin sepeda motor.

Satu lagi yang menjadi keunggulan dari oli sepeda motor Federal Oil adalah penggunaan zat aditif dengan Heat Protection Formula. 

Zat ini berfungsi menjaga mesin berada dalam suhu yang stabil dan tidak mengalami panas berlebih.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.