Tesla Model 3 Jadi Mobil Patroli Terbaru Korlantas Polri

Oleh Liputan6.com pada 26 Feb 2021, 18:06 WIB
Diperbarui 26 Feb 2021, 18:06 WIB
Tesla
Perbesar
Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Prestige Motorcars menghibahkan satu unit Tesla Model 3 kepada Korlantas Polri untuk dijadikan mobil patroli. (Instagram @bambang.soesatyo)

Liputan6.com, Jakarta - Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersama Prestige Motorcars menghibahkan satu unit Tesla Model 3 kepada Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk dijadikan mobil patroli.

 

Saat diserahkan pun Tesla Model 3 tersebut sudah didesain dengan livery mobil patroli lalu lintas.

Ketua IMI Pusat, Bambang Soesatyo alias Bamsoet berharap hibah ini dapat memasifkan penggunaan kendaraan listrik. Tak hanya di kalangan pelayan publik, tetapi juga masyarakat secara luas.

"Jika baterai penuh, mobil Tesla yang dihibahkan tersebut bisa menempuh jarak 400 KM. Pengisian baterainya pun tidak memakan waktu lama, cukup 4-6 jam sudah bisa penuh. Penggunaan mobil listrik oleh jajaran Korlantas diharapkan akan memasifkan migrasi kendaraan konvensional berbahan bakar minyak ke kendaraan bermotor listrik," ujar Bamsoet, di Jakarta, Kamis (25/2/21) yang dikutip dari Instagram @bambang.soesatyo.

Lebih lanjut, Bamsoet menjelaskan bahwa serah terima Tesla Model 3 ini dilakukan oleh Badan Pengawas IMI Pusat, Kombes Pol Syamsul Bahri dan Diterima langsung oleh Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol. Istiono.

Serah terima tersebut pun disaksikan langsung oleh pengurus IMI Pusat, seperti Bendahara Umum Effendi Gunawan, Wakil Ketua Umum Mobilitas Rifat Sungkar, Wakil Bendahara Umum Rudy Salim, dan Wakil Bendahara Umum Johnson Yaptonaga.

 

2 dari 4 halaman

Agar Tak Ketinggalan dengan Negara Lain

Bamsoet pun mewanti-wanti agar Indonesia tak ketinggalan dengan negara lain dalam penggunaan kendaraan listrik. Sebab beberapa negara sudah memanfaatkan kendaraan listrik untuk kendaraan dinas.

"Kepolisian di berbagai negara dunia juga sudah menggunakan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas. Antara lain di Australia, Swiss, Amerika, Inggris, dan Spanyol. Indonesia juga tidak boleh ketinggalan," jelas Bamsoet.

Sekadar informasi, berdasarkan laman prestigecars.id, Tesla Model 3 dibanderol dengan harga Rp 1,5 miliar. Mobil ini mampu menempuh jarak 400 km. Pengisian daya baterai-nya hingga penuh selama 4 jam.

Tesla Model 3 mampu menempuh kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu 5,3 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya mencapai 225 km/jam.

Sumber: Otosia.com

3 dari 4 halaman

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19

Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali Cara Kerja Vaksin Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓