Sukses

Deretan Mobil Dinas Presiden Jokowi Saat Blusukan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendapatkan fasilitas berupa kendaraan dinas untuk menunjang kinerja kenegaraannya, mulai dari tipe sedan, MPV, hingga SUV mewah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mendapatkan fasilitas berupa kendaraan dinas untuk menunjang kinerja kenegaraannya. Ada beberapa kendaraan yang kerap ia tumpangi, mulai dari tipe sedan, MPV, hingga SUV mewah.

Kendaraan-kendaraan dinas ini dilengkapi dengan teknologi dan sistem keamanan tinggi untuk menjaga keselamatan orang nomor satu di Indonesia.

Salah satu mobil dinas presiden yang memiliki kelengkapan keamanan tingkat tinggi dan tahan terhadap beberapa serangan adalah keluaran Mercedes-Benz.

Sebagai mobil utama, spesifikasi maupun fitur yang ada didalamnya bahkan dirahasiakan. Namun yang pasti, sedan mewah itu dirancang agar anti peluru dan mampu menangkal serangan bom.

Berikut mobil-mobil yang menjadi kendaraan dinas Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi.

Mercedes-Benz L 600 Pullman Guard

Tidak hanya satu Mercedes-Benz yang digunakan, tetapi Presiden juga diketahui memiliki satu lagi dengan spesifikasi yang lebih wah dari S600 Guard.

Mercedes-Benz L 600 Pullman Guard, juga digunakan oleh Jokowi dalam menunaikan tugasnya menjadi Kepala Negara Republik Indonesia.

Toyota Land Cruiser 200

Selain menggunakan sedan mewah, mobil dinas lainnya yang digunakan Presiden juga ada yang berbentuk Sport Utility Vehicle (SUV).

Adapun dua SUV yang sering digunakan juga memiliki spesifikasi yang begitu mewah dan memiliki kasta paling tinggi dari model lainnya. Dua mobil SUV tersebut adalah Toyota Land Cruiser 200 dan Lexus LX570.

Toyota Land Cruiser 200 ini sempat digunakan oleh Jokowi saat meninjau proyek di Kalimantan beberapa waktu lalu. Saat meninjau di salah satu wilayah di Tanah Borneo, mobil yang dikenal andal ini tertangkap kamera tengah menerjang banjir.

Lexus LX570

SUV mewah Lexus LX570 juga pernah digunakan oleh ayah Kaesang Pangarep ini dalam beberapa kesempatan. Salah satunya adalah saat Jokowi mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Hal ini mengacu pada postingan instagram Plat_Dinas_Official yang menyebutkan lokasi mobil tersebut tengah berada di Pusat Tekstil Grosir Terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Toyota Alphard

Selain menggunakan sedan mewah dan SUV mewah, Jokowi, juga dimodali dengan mobil dinas MPV mewah, yakni Toyota Alphard Vellfire.

Mobil MPV andalan dari PT Toyota Astra Motor ini digunakan oleh Jokowi beberapa kali, dan terakhir saat meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, pada Jumat (19/2/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.