Sukses

Mengawali 2021, Performa Ekspor Suzuki Melejit

Pengapalan pabrikan berlambang huruf S ini tumbuh 7 persen jika dibandingkan dengan Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Dampak pandemi virus Corona Covid-19 menghantam industri otomotif di Indonesia secara keseluruhan. Tidak hanya untuk pasar domestik, tapi juga ekspor.

Namun, membuka tahun ini, PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatatkan pergerakan positif dalam kinerja ekspor. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pengapalan pabrikan berlambang huruf S ini tumbuh 7 persen jika dibandingkan dengan Desember 2020.

Dijelaskan Apriyanto, Assistant to Production Planning Control Dept Head PT SIM, Januari 2021 menjadi harapan positif karena ekspor Suzuki tumbuh jika dibandingkan dengan Desember 2020 lalu. Peningkatan performa ekspor Suzuki ini didominasi oleh produk kebanggaan dan buatan dalam negeri, yaitu New Carry Pick Up.

"Peningkatan ekspor ini meningkatkan optimisme kami untuk memaksimalkan volume ekspor di tahun 2021, baik CBU maupun CKD agar dapat berkontribusi pada perekonomian di Indonesia," terang Apriyanto, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Kamis (25/2/2021).

Selain ekspor CBU new Carry Pick Up yang berkontribusi hingga 35,4 persen, performa ekspor Suzuki juga didukung pengapalan CKD Karimun Wagon R sebesar 21 persen dan CBU XL7 sebesar 18,4 persen.

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

51 Negara Tujuan Ekspor

Saat ini, Suzuki telah berhasil memasarkan mobil, baik CBU maupun CKD, ke 51 negara yang tersebar di Asia, Amerika Selatan, Timur Tengah, Oseania, hingga Afrika. Jumlah tujuan negara ekspor ini pun akan terus ditingkatkan seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian di berbagai negara.

Peningkatan performa ekspor Suzuki ini menunjukkan bahwa minat konsumen internasional terhadap mobil buatan Indonesia tetap tinggi.

"Sebagai salah satu dari tiga pilar Suzuki di dunia setelah Jepang dan India, Suzuki Indonesia akan terus memproduksi kendaraan yang berkualitas dan value for money. Sehingga, kendaraan-kendaraan produksi Suzuki Indonesia bisa benar-benar menjadi kebanggaan Indonesia dan disukai konsumen global," tutup Apriyanto.

 

 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.