Model Terbaru VW Tiguan Pakai Mesin Golf GTI

Oleh Fahmi Rizki pada 23 Feb 2021, 16:07 WIB
Diperbarui 23 Feb 2021, 16:07 WIB
Volkswagen Tiguan pakai mesin dari Golf GTi untuk lebih bertenaga (Autocar)
Perbesar
Volkswagen Tiguan pakai mesin dari Golf GTi untuk lebih bertenaga (Autocar)

Liputan6.com, Jakarta - Volkswagen (VW) sudah mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan mesin Golf GTI yang bertenaga untuk diasupkan ke model Tiguan. Pengadopsian mesin ini dikarenakan tenaga yang dihasilkan dari spesifikasi tersebut lebih memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding mesin lainnya. Sebagai gambaran, untuk mesin Golf GTI, mampu memproduksi tenaga sampai 242 bhp.

Menurut klaim mereka, dengan mesin tersebut akselerasi yang dicapai melesat dari posisi diam sampai 100 kpj hanya 6 detik. Sedangkan kecepatan maksimumnya, mesin ini bisa mencapai 228 kpj.

Tidak hanya satu mesin yang akan ditawarkan, namun Volkswagen juga akan menawarkan pilihan mesin dengan tenaga yang lebih kompak.

Masih mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter dengan dukungan turbocharger, tenaga yang dihasilkan pada mesin kedua ini mampu memproduksi tenaga sebesar 187 bhp.

Berbekal mesin tersebut, akselerasi yang dihasilkan mampu melesat dari posisi diam sampai 100 kpj hanya 7,4 detik. Sementara untuk kecepatan maksimumnya, mampu menyentuh hingga 214 kpj.

Volkswagen juga sudah menyiapkan mesin yang lebih buas lagi. Berdasarkan informasi yang beredar, Volkswagen sudah menyiapkan mesin dengan tenaga 316 bhp.

Hasilnya mobil ini mampu melesat dari posisi diam hingga 100 kpj hanya dengan waktu 4,9 detik. Semua mesin ini juga dibekali dengan sistem penggerak empat roda vektor torsi terbaru.

 

2 dari 4 halaman

Mampu Memberikan Kesenangan Berkendara

Mesin berkapasitas besar juga ditujukan untuk kesenangan berkendara (Autocar)
Perbesar
Mesin berkapasitas besar juga ditujukan untuk kesenangan berkendara (Autocar)

Menurut Manager Product Volkswagen, Hannah Doherty, dengan kehadiran mesin baru ini semakin memberikan kemampuan yang luar biasa untuk sebuah SUV.

Tidak hanya mampu mengakomodir dengan baik, tapi dari sisi performa juga mampu menghasilkan tenaga yang mumpuni.

"Salah satu bahan utama SUV adalah kemamuan, apakah itu kemampuan untuk menjelajah off road, menyediakan ruang untuk lima orang dan barang bawaan mereka, atau bahkan untuk mobilitas sehari-hari. Dengan dua pilihan mesin bertenga ini, Tiguan mampu menawarkan tenaga yang lebih besar dari versi sebelumnya. Tidak hanya untuk kehebatan dalam offroad, tetapi untuk kesenangan berkendara lainnya juga kembai ditingkatkan," ujarnya.

Kehadiran Volkswagen Tiguan model baru ini akan berhadapan dengan pesaing mereka yakni BMW X2 M35i dan Audi SQ2.

3 dari 4 halaman

Infografis Merancang Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Infografis Merancang Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur
Perbesar
Infografis Merancang Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓