Sukses

Toyota GR Yaris Dipakai untuk Harian, Ini Keuntungannya

Toyota GR Yaris yang dibekali dengan DNA balap, sangat menggugah pecinta otomotif. Namun, bagaimana keuntungannya ketika dipakai untuk harian?

Liputan6.com, Jakarta - Toyota GR Yaris yang tengah menjadi idola baru bagi petrolhead di Indonesia maupun dunia, mobil memang menampilkan beberapa fitur unggulan. Pada dasarnya, mobil yang dikembangkan secara langsung oleh divisi motorsport Toyota, yakni Gazoo Racing, sudah dibekali dengan tiga keunggulan yang siap memanjakan pemiliknya nanti.

Berbekal informasi yang beredar, Toyota GR Yaris mengadopsi DNA dari mobil reli WRC yang diimplementasikan untuk mobil jalan raya. Pertama dari kualitas sasis yang digunakan, kedua dari penggunaan sistem penggerak yang menggunakan GR-AWD (All-Wheel Drive) dan yang terakhir adalah mesin 1.6 liter tubrocharger.

Berbekal spesifikasi tersebut, apakah mobil tersebut tetap memberikan manfaat untuk penggunaan harian? Untuk mendapat penjelasan, Anjasara Wahyu, sebagai peslalom sekaligus pereli ini memberikan gambarannya.

Menurut pembalap yang sudah lama bernaung di bawah Toyota Team Indonesia, ketiga manfaat yang disuntikkan untuk Toyota GR Yaris juga akan memghasilkan performa mumpuni untuk penggunaan mobil GR Yaris sebagai mobil harian.

"Sangat berguna, karena kalau spek balap itu kan pertama stabilitasnya benar-benar diperhitungkan. Kedua, sisi keamanan dua kali lipat dibandingkan mobil-mobil biasa. Berbekal mesin yang bagus, maka pabrikan menambah sisi safety. Jadi stabilitas dan safety feature lebih bagus atau bahasanya lebih advance," jelas Anjasara Wahyu.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sistem Penggerak AWD memberikan Tingkat Kestabilan Lebih

Salah satu keuntungan yang didapat oleh penggunanya adalah ketika melibas genangan air di jalan tol. Pada musim hujan, kondisi jalan tol sering dijumpai genangan air yang bisa menyebabkan aqua planning.

Dengan kualitas GR-AWD, maka dalam melibas genangan air akan lebih memberikan tingkat kestabilan yang mumpuni.

"Iya berguna fitur itu. Itu enak banget yang pasti. Ditambah itu kan All-wheel Drive. Kalau di tol pada musim hujan, sering menemukan genangan air atau aqua planning. Kalau pakai front-wheel drive itu kita akan mengalami understeer, kalau rear-wheel drive bisa menyebabkan oversteer dan kalau All-wheel Drive lebih cenderung stabil buat menerabas genangan air," tandasnya.

Untuk pasar Indonesia, Toyota GR Yaris di Indonesia dibanderol dengan harga NJKB senilai Rp 450 jutaan.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Tips Cegah Covid-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini