Sukses

Hindari Potensi Bahaya Berkendara Motor Saat Musim Hujan, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Intensitas hujan di berbagai wilayah Indonesia cukup tinggi dalam beberapa waktu belakang. Bahkan genangan air ataupun banjir terjadi, hingga merepotkan para pengendara mobil dan motor saat hendak menuju ke suatu tempat.

Perlu diingat, mengendarai motor saat musim hujan diperlukan kewaspadaan yang lebih tinggi dibanding musim panas. Berbagai potensi celaka, yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain selalu mengintai saat kondisi jalan lebih licin.

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan. Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," jelas Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (22/2/2021).

Dengan begitu, berikut beberapa tips yang bisa dijalani ketika menghadapi kondisi hujan di jalanan:

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi / daya cengkram pada roda motor berkurang.

2. Selalu Waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyeberang, dengan tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengatur Penggunaan Rem

Lakukan pengereman dengan halus dan perlahan, karena saat kondisi hujan traksi atau daya cengkram roda terhadap permukaan jalan yang basah menjadi berkurang. Sehingga untuk menghindari slide atau tergelincir saat melakukan pengereman atur tekanan rem dan jaga jarak pengereman agar motor lebih mudah dikendalikan.

4. Gunakan Safety Gear Yang Tepat (Ukuran sesuai dan berwarna cerah)

-Jas hujan model setelan (atasan dan bawahan)

-Helm dengan visor bening

-Gunakan sepatu anti air / karet

-Gunakan sarung tangan

5. Kondisi Motor

Salah satu faktor penyebab kecelakaan adalah kondisi kendaraan yang kurang baik. Untuk menghindarinya perhatikan hal berikut :

-Kondisi rem yang pakem.

-Kembangan ban yang bagus / tidak gundul.

-Tekanan ban yang sesuai dengan standar spek.

-Electrical / lampu berfungsi baik.

-Kondisi cover body yang baik, tidak terbuka. Karena air yang masuk dapat menyebabkan korsleting di bagian komponen electrical.

-Selalu persiapkan kendaraan dengan baik dan lakukan perawatan secara berkala agar kondisi kendaraan selalu prima.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Tahapan Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.