Sukses

Ridwan Kamil Pamer Mobil Listrik Polisi Indonesia, Warganet Gagal Fokus

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membeli 2 unit Hyundai Ioniq Electric dan 1 unit Kona Electric pada akhir tahun 2020. Tiga mobil listrik ini digunakan sebagai kendaraan operasional dinas.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) membeli 2 unit Hyundai Ioniq Electric dan 1 unit Kona Electric pada akhir tahun 2020. Tiga mobil listrik ini digunakan sebagai kendaraan operasional dinas.

Keseriusan Pemprov Jabar dalam penggunaan mobil listrik di lingkup pemerintahan terus berlanjut. Polisi Patroli dan Pengawal (Patwal) kini menggunakan mobil listrik.

Hal ini diketahui dari unggahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Instagram pribadinya @ridwankamil pada Minggu (7/2).

Dalam unggahan tersebut, terlihat Ridwan Kamil sedang berpose dengan salah seorang anggota polisi dan di sampingnya ada mobil listrik patwal. Jika melihat desainnya, mobil tersebut merupakan Hyundai Kona Electric.

Menariknya lagi, kendaraan ini merupakan mobil listrik pertama polisi Indonesia. Dan mobil patwal ini bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat.

"Ini mobil polisi pertama di Indonesia yang menggunakan mobil listrik. Mobil patwal yang bertugas di kantor Gubernur Jawa Barat," tulis Ridwan Kamil.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keuntungan Mobil Listrik

Selain itu, Ridwan Kamil juga menjelaskan keuntungan memakai mobil listrik, seperti menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70%. Lebih lanjut, ia berharap agar langkah ini bisa ditiru oleh masyarakat umum.

"Selain tidak merilis polusi dan kebisingan ke udara, Alhamdulillah banyak sekali menghemat biaya dan anggaran bulanan sampai 70 persen dibandingkan dgn anggaran rutin kendaraan bensin. Mari perlahan menuju gaya hidup ramah lingkungan dan ramah terhadap penghasilan," tulisnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Langkah dari Pemprov Jabar ini tentu harus diapresiasi, namun siapa sangka netizen malah menyerbu Instagram Ridwan Kamil dengan komentar-komentar kocak. Bahkan salah satu dari mereka mengira jika pengisian listriknya pakai token.

"pak, kalo powerbank dicolokin ke mobil listrik, mana yg kecas? mobilnya atau powerbanknya?" tulis @m.fahmi.fauzi

"Bisa ngecharge pakai charger kodok gak pak?" komentar @usernamenyanicoadi

"klo mobil listrik begini, proses isi bahan bakarnya dg cara di charge baterai di dalam kendaraan atau baterainya bisa dicopot n mobil dipasang baterai kedua?" jelas @bintangpelangi

"Kalo lowbatt ditengah jalan aman pa?" kata @eky.rezeki2015

"Pak klo lagi ngawal lowbat kumaha?" komentar @setitikjuang

"Kalo udah ngedrop batre nya kembung kang," jelas @xtcteambkr

"ini isi ulang pake token jg y pa," tulis @tikoalim

Sumber: Otosia.com

 

 

4 dari 4 halaman

Infografis PPKM Jawa-Bali Tak Efektif, Solusi Lain?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Otosia.com

  • Polisi