Sukses

Motor Honda Ruckus Resmi Diluncurkan, Skutik Unik Bermesin 50cc

Honda telah berencana untuk meluncurkan produk terbaru mereka yakni skuter matik dengan kapasitas mesin 50cc.

Liputan6.com, Jakarta - Honda USA, dikabarkan tengah mempersiapkan motor baru mereka yang akan diluncurkan pada April 2021. Honda Ruckus menjadi produk yang akan diluncurkan untuk mengisi market skutik bermesin kecil.

Honda Ruckus hadir dengan desain yang unik dan lucu. Skuter matik ini sudah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 49cc, silinder tunggal dan berteknologi 4-tak SOHC serta dilengkapi fitur pendingin cairan.

Melihat spesifikasi yang dibeberkan, untuk ukuran silinder x Langkah yang dibenamkan adalah 38 × 44 mm dengan besaran rasio kompresi 11.9: 1.  Motor ini mengadopsi suplai oli dengan karburator dengan sistem Choke Otomatis yang mampu mengontrol suplai bahan bakar dan pengapian ECU. Guna memudahkan penggunanya menghidupkan mesin, skuter ini telah dilengkapi dengan sakelar listrik.

Struktur bodi Ruckus menggunakan sasis dua bagian yang unik, satu Die Cast Aluminium dan satu rangka belakang atas baja.

Suspensi depan Honda Ruckus menggunakan peredam kejut ganda dengan ukuran 55 mm. Sementara untuk bagian suspensi belakang, motor matik Honda sudah menyematkan shockbreaker tunggal yang terlihat menemani single swingarm. Sementara, untuk pengereman skuter unik ini masih menggunakan rem model Drum Brake (Tromol) pada bagian depan dan belakang.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mampu Mencapai Kecepatan Maksimum 45 kpj

Pada bagian roda, skuter ini dilengkapi dengan velg berukuran 10 inci dengan ban depan berukuran 120/90-10 dan ban belakang ukuran 130/90-10.

Untuk kapasitas tangki bahan bakar yang disediakan, tangki skuter ini mampu menampung bahan bakar sebanyak 5 liter. Sementara untuk bobot motor ini terbilang sangat ringan, yaitu hanya 88 kilogram.

Menurut klaim dari Honda, skutik ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum hingga 45 Km/jam.

Honda Ruckus hadir dalam 3 pilihan warna yaitu Midnight Blue/Tan, Gray dan White/Pearl Blue. Di Amerika, skuter unik ini dijual dengan harga $ 2,799 atau sekitar Rp 39 jutaan jika dikonversikan ke rupiah.

3 dari 3 halaman

Infografis Hindari 5 Hal Saat Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini