Sukses

Pakai Dashcam Mobil, Pengemudi Ini Lolos dari Tilangan Polisi

Polisi yang hendak melakukan tindakan tilang terhadap pengemudi, gagal melancarkan aksinya karena ada dashcam yang dipasang di mobil tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan dashcam atau kamera di dalam mobil memiliki peran penting. Salah satu manfaat yang bisa didapat adalah untuk mengetahui jika ada kecelakaan di depan mobil tersebut. Namun, selain hal itu, kamera ini juga bisa digunakan untuk menjadi bukti pelanggaran lalu lintas atau tidak. Seperti yang dialami oleh pengemudi mobil yang satu ini.

Dalam rekaman dashcam yang ditempel di mobil tersebut, pengemudi ini diminta berhenti oleh petugas polisi di salah satu ruas jalan tol. Petugas tersebut mengatakan pengemudi ini melanggar karena melewati batas garis pada jalan yang bercabang. Karena dianggap melintas, akhirnya petugas menanyakan surat-surat seperti STNK dan SIM pengemudi.

Setelah dijelaskan karena melewati batas garis yang dianggap dilarang oleh petugas polisi tersebut, namun pengemudi bersikukuh bahwa ia tidak melintas pada garis tersebut.

"Mohon izin, bapak melanggar chevron marka memotong dari tengah memotong dari tengah langsung ke kiri," ujar petugas kepolisian tersebut kepada pengemudi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dianggap Menyalahi Peraturan Lalu Lintas

Polisi tetap bersikeras bahwa pengemudi itu melewati garis yang dimaksud polisi. Namun, setelah pengemudi mengatakan ia memiliki rekaman CCTV pada mobilnya, polisi tersebut tampak menyadari dan mempersilakan pengemudi tersebut kembali jalan.

Dalam rekaman CCTV di mobil tersebut, mobil yang dikemudikan oleh Dinar (nama berdasarkan yang disebut polisi pada SIM) memang tidak melintas pada chevron marka.

Namun, pandangan polisi berbeda sehingga dikatakan Dinar ini melanggar peraturan lalu lintas. Namun karena bukti polisi tidak kuat, maka pengemudi ini dibebaskan dan dipersilakan jalan kembali.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Lengkapnya Di Bawah Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini