Sukses

Jadi Andalan Suzuki, Carry Pikap Banyak Terserap Industri UMKM

Penjualan new Carry sepanjang 2020 berkontribusi sebesar 57,6 persen atau 37.109 unit untuk wholesale. Sedangkan retail, menyumbang 40.697 unit atau berkontribusi 57,9 persen

Liputan6.com, Jakarta - Tahun lalu merupakan periode yang cukup sulit bagi banyak pabrikan otomotif di Tanah Air. Hantaman pandemi virus Corona Covid-19 menjadi faktor utama, yang membuat penjualan roda empat secara nasional bahkan turun sekitar 50 persenan.

Namun, bagi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri, mampu bertahan dan mencatatkan penjualan yang cukup baik sepanjang Januari sampai Desember 2020. Walaupun secara volume turun, tapi pabrikan berlambang huruf S ini mempu meningkatkan pangsa pasar dengan raihan wholesale (pabrik ke diler) 65,9 persen dan retail sales (diler ke konsumen) 70,4 persen.

Dijelaskan Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, ada beberapa hal yang pihaknya pelajari mengenai kondisi pasar di tengah pandemi. Pertama, karakter konsumen di mobil penumpang berbeda dengan mobil komersial.

"Kalau mobil penumpang, jika ada gejolak konsumennya akan menunda membeli unit. Tapi, jika di segmen komersial, karena berhubungan dengan bisnis, konsumennya cenderung tetap membeli produk komersial. Sehingga, penjualan Suzuki Carry kita meningkat," jelasnya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (29/1/2021).

Berdasarkan data yang diberikan Suzuki, penjualan new Carry sepanjang 2020 berkontribusi sebesar 57,6 persen atau 37.109 unit untuk wholesale. Sedangkan retail, menyumbang 40.697 unit atau berkontribusi 57,9 persen.

"Ada beberapa sektor yang menyumbang peningkatan besar, yaitu agrikultur seperti pertanian dan juga pebisnis atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)," tambah Donny.

Secara kontribusi, UMKM berkontribusi sebesar 16 persen, dibanding 2019 yang hanya 14 persen. Sementara agrikultur, tumbuh menjadi 11 persen dibanding 10 persen pada periode 2019.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suzuki Carry 2021

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan new Suzuki Carry pikap secara virtual, Kamis (21/1/2021). Selain mengalami penyegaran dari sisi tampilan, new Suzuki Carry pikap juga mendapat fitur keamanan tambahan.

"Sebagai apresiasi kami kepada konsumen setia Suzuki, hari ini kami meluncurkan wajah baru dari Carry pikap yang mendapatkan improvement di beberapa bagian agar semakin sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia," terang 4W Managing Director PT SIS Hideaki Tokuda saat peluncuran melalui saluran Youtube.

Dirinya berharap, new Suzuki Carry pikap mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan kendaraan niaga berkualitas terutama bagi para pelaku usaha sebagai penggerak roda perekonomian Indonesia.

Sementara itu, 4W Marketing Director PT SIS Dony Ismi Saputra menyampaikan, secara keseluruhan ada dua pengembangan pada new Suzuki Carry pikap yang diluncurkan di awal tahun ini.

"Yang pertama kami mengubah tampilan eksterior Suzuki Carry pikap dengan desain baru yang kami sebut Hatched Axe. Desain yang menyerupai kapak ini kami aplikasikan pada front grille dan bumper sehingga membuat tampilan new Carry pikap jadi semakin kokoh dan tangguh sebagai kendaraan niaga," katanya.

"Kedua, sebagai upaya mendukung regulasi pemerintah, kami juga menambahkan fitur keamanan sebagai hal yang sangat kami perhatian. Fitur keamanan tersebut berupa fasilitas alat pemadam api ringan (APAR)," Dony menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.