Sukses

Presiden AS Joe Biden Ingin Armada Pemerintahan Diganti dengan Mobil Listrik

Presiden AS Joe Biden berencana mengganti seluruh armada Federal Amerika Serikat dengan mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Saat masa kampanye, Joe Biden pernah menyatakan jika dirinya terpilih nanti maka akan mengganti seluruh armada Federal Amerika Serikat dengan mobil listrik. Kini, Presiden AS terpilih tersebut siap mewujudkannya.

Dilansir dari Autoevolution, Biden menyampaikan dalam jumpa pers, bahwa armada mobil listrik itu akan dibuat oleh Amerika Serikat sendiri.

Program ini dia sebut sebagai mobilisasi investasi publik dan infrastruktur pengadaan serta R&D terbesar sejak Perang Dunia II.

Tapi jumlah armada yang akan diganti disebut sebagai kabar buruk. Seluruh armada Federal AS itu ada lebih dari 645.000 kendaraan untuk pengguna sipil dan militer, serta 140.000 truk.

Truk pengiriman surat kemungkinan akan menjadi prioritas dalam penggantian armada dengan kendaraan listrik. Sedangkan untuk lainnya, akan dilakukan bertahap selama jangka waktu satu tahun.

Penggantian armada itu disebut akan menghabiskan dana luar biasa besar. Tapi hal itu disebut akan menghemat biaya dan pemeliharaan armada dalam jangka panjang.

Sumber: Otosia.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Joe Biden Ternyata Pecinta Mobil Klasik, Simak Koleksinya

Selain dikenal sebagai politikus yang andal, Joe Biden, yang saat ini menjabat sebagai Presiden Amerika ke-46, ternyata juga memiliki passion di dunia otomotif. Hal terbukti dari beberapa koleksi mobilnya yang cukup langka dan klasik.

Setelah diizinkan oleh ayahnya untuk mengemudikan mobil, Joe Biden, langsung tertarik dan terus memperhatikan dunia otomotif. Mobil Studebaker lansiran 1951 menjadi mobil pertama yang dibeli oleh Joe Biden.

Namun, tidak ada kabar apakah mobil tersebut masih ada atau tidak, karena keberadaannya masih misterius sampai saat ini.

Selera otomotif Joe Biden dalam memboyong mobil juga patut diacungi jempol. Setelah Studebaker yang dibeli untuk pertama kalinya, mobil yang selanjutnya dipinang adalah Plymouth Cranbrook Convertible lansiran 1952.

Jika mengintip spesifikasi yang diboyong, Plymouth Cranbrook Convertible ini ditenagai dengan mesin Flathead enam silinder yang mampu menghasilkan tenaga 97 tk.

Selanjutnya, mobil lain yang juga sempat mewarnai kehidupan Joe Biden adalah Mercedes-Benz 190SL. Mobil dengan atap terbuka yang sangat ikonik ini memang menjadi perburuan para kolektor mobil. 

Di samping desain mobilnya yang sangat khas, Mercedes-Benz 190SL ini juga mengusung mesin yang cukup kompetitif.

Adapun mesin yang digunakan pada model ini adalah mesin baru S4 tipe M121 dengan overhead camshaft berkapastias 1.897cc yang mampu menghasilkan tenaga 105 tk dan torsi 142 Nm.

Dari beberapa mobil yang menjadi miliknya, Chevrolet Corvette lansiran 1967 ini menjadi yang paling melekat di hati Joe Biden. Mobil dengan warna hijau army ini memiliki kenangan yang begitu melekat untuk Biden.

Mobil yang mampu menyemburkan tenaga 350 tk ini menjadi yang sangat spesial lantaran mobil ini diberikan oleh ayahnya untuk hari ulang tahun pernikahannya pada 1967 silam dan masih tersimpan sangat baik di dalam garasi rumahnya.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.