Sukses

Mengenal Serba-serbi Type R pada Mobil Honda

Honda Civic Type R merupakan mobil yang memiliki DNA balap. Sebenarnya semua mobil Honda yang disemati nama Type R sudah pasti memiliki aura balap.

Liputan6.com, Jakarta -

Honda Civic Type R merupakan mobil yang memiliki DNA balap. Sebenarnya semua mobil Honda yang disemati nama Type R sudah pasti memiliki aura balap. Mulai dari performa mesin, tuning suspensi yang lebih stiff serta handling yang stabil demi pengendaraan yang sempurna.

Tapi tahukah apa arti Type R pada badge mobil Honda? Sejak kapan itu diciptakan? Oleh siapa? Kami mencoba membongkar misteri tersebut dan menjabarkan sejarah emblem Type-R.

Type R adalah tingkatan tertinggi dalam spesifikasi kendaraan Honda seperti Civic Type R. Orientasinya adalah performa maksimal pada mesin Honda atau Acura yang akan dirilis. Tidak heran jika huruf tersebut diartikan sebagai Racing, karena memang fokusnya adalah membuat kendaraan tersebut memiliki DNA balap lewat performanya.

Ide Type-R sendiri sebenarnya bermula dari Honda Special Project Development Manager, Shigeru Uehara. Setelah melahirkan NSX, Uehara merasa kurang puas dan ingin menciptakan sesuatu yang lebih dari supercar ini. Tujuannya adalah memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Type R

Pada pengembangan pertama Type R, fokus tim enginer adalah meningkatkan performa suspensi, mengubah struktur desain demi menambah level aerodinamika pada kendaraan. Di samping itu, Uehara juga menyisipkan ukuran ban yang lebih besar dan bobot kendaraan yang lebih ringan.Hasilnya di mobil tak ada lagi sistem audio dan pendingin udara sehingga bobot bisa dipangkas sampai 119 kg. Uji coba pada NSX tersebut dianggap sukses dan akhirnya melahirkan NSX-R yang dijual pada 1992 untuk pasar lokal Jepang. Ternyata, model tersebut juga dilirik oleh pasar global hingga terjalinlah kerja sama dengan Acura untuk memasarkan NSX di Amerika.

Pabrikan akhirnya menyematkan emblem Type R pada model lain seperti Integra, Accord dan tentu model andalannya Honda Civic Type R. Model terakhir adalah sedan yang paling panjang umurnya menggunakan emblem tersebut. Honda Civic menyediakan varian Type-R sampai 10 generasi loh.

Pada generasi saat ini, Honda Civic Type-R dibekali mesin 4-silinder 2.0liter turbocharge, yang menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi 400 Nm. Dipasangkan dengan transmisi manual 6-percepatan dan memiliki sistem diferensial roda depan yang mengatur aliran torsi. Type R juga memberikan sentuhan racing pada eksteriornya seperti yang tampakh pada Honda Civic. Di antaranya adalah elemen untuk aerodinamika, intake, roda yang besar, flare fender hingga desain knalpot.

 
3 dari 4 halaman

Keluarga Type R

1. Honda NSX-RSeperti yang dijelaskan di atas, ini adalah prototipe dari pengembangan Type R. Berkat kesuksesannya, menular kepada model-model lain di keluarga Honda.

2. Honda Integra Type RTerdapat dua generasi yang dibekali dengan TypeR yakni DC2 dan DC5. Untuk pasar Amrik, hanya tersedia Honda Integra DC-2 Type R yang diproduksi oleh Acura. Sayangnya tidak sama dengan Type R yang dijual di pasar Jepang.

Integra DC2 Type R dibekali dengan mesin 4-silinder 1.8-liter VTEC yang menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi 176 Nm. Racikan mesin tersebut terdapat pada tingkat kompresi yang tinggi hingga pada throttle body yang besar.

Sedangkan varian DC-5 dibekali dengan mesin 4-silinder 2.0-liter dan menghasilkan tenaga 220 hp. Sayangnya Honda Integra DC-5 Type R ini hanya dipasarkan di Jepang dan berbagi platform dengan Acura RSX.

3. Honda Accord Type RHonda Accord dengan emblem Type-R baru tersedia pada generasi enam untuk pasar Eropa dan Jepang. Perbedaannya terdapat pada penggunaan chassis, namun mesinnya sama sama menggunakan mesin 4-silinder 2.2-liter. Meski tenaga yang dihasilkan berbeda, untuk model Eropa berbekal tenaga 209 hp, sedang untuk model Jepang 217 hp.

4. Honda Civic Type R 1997 – 2020Ini adalah model pertama yang benar-benar menggendong emblem Type-R dan dipasarkan khusus di Jepang. EK9 menggendong mesin 4-silinder 1.6-liter, meluapkan tenaga 183 hp dan torsi 150 Nm. Mesinnya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dengan limited-slip differential. Sama seperti DC2 Integra Type R, Civic Type R juga memiliki pengendaraan yang rigid di jalan raya.

Honda meneruskan pengembangan Type R pada Honda Civic hingga pada generasi 10. Seluruh performanya dimaksimalkan mulai dari pengembangan mesin hingga pada tingkat aerodinamika kendaraan. Pabrikan masih memproyeksikan beberapa kendaraan yang bakal dibubuhi emblem Type R dengan setingan pada performa dan tampilan. 

Sumber: Carvaganza

4 dari 4 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.