Presiden AS Joe Biden Akan Berlakukan Kenaikan Pajak Bensin

Oleh Fahmi Rizki pada 25 Jan 2021, 16:32 WIB
Diperbarui 25 Jan 2021, 16:32 WIB
Amerika Serikat akan naikkan pajak bensin (TMC Financing)
Perbesar
Amerika Serikat akan naikkan pajak bensin (TMC Financing)

Liputan6.com, Jakarta - Setelah resmi menjadi Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, sudah merencanakan beberapa hal yang akan dilakukannya. Salah satunya adalah dengan menaikkan pajak bensin yang akan diberlakukan dalam waktu dekat.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Pete Buttigieg, yang dikabarkan menjadi calon menteri transportasi Amerika Serikat.

Joe Biden memang memiliki rencana besar pasca pelantikannya tersebut. Kenaikan pajak bensin dirasa perlu untuk membantu negara dalam menaikkan infrastruktur baru yang besar.

"Kita perlu melihat bahwa mekanisme pendapatan yang bertanggung jawab dan layak yang bisa kita sepakati semua. Itu mungkin (kenaikan pajak bensin), tentu saja banyak negara bagian telah mengambil langkah itu termasuk langkah saya, tetapi ini bukan satu-satunya pendekatan," jelas Pete Buttigieg, melansir carbuzz.

Wacana kenaikan pajak ini sebelumnya memang tidak pernah terjadi di Amerika Serikat, terlebih sepanjang 28 tahun terakhir.

Namun, agenda besar yang akan dituju dari kenaikan pajak bensin ini adalah Amerika Serikat ingin menciptakan pengurangan polusi udara dari kendaraan yang ada di negaranya.

 

2 dari 4 halaman

Perbanyak Stasiun Pengisian Baterai Kendaraan Listrik

Joe Biden berencana untuk menambah stasiun pengisian baterai kendaraan listrik (Observer)
Perbesar
Joe Biden berencana untuk menambah stasiun pengisian baterai kendaraan listrik (Observer)

Sejalan dengan kenaikan pajak bensin, Joe Biden, telah menugaskan kepad Buttigieg untuk melakukan perombakan besar-besaran. Di mana, tujuan Biden adalah ingin menambah jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik.

Baik Biden dan Buttigieg sangat menyadari bahwa kendaraan bermesin konvensional adalah salah satu pemborosan terhadap penggunaan bahan bakar bensin.

Namun, dengan hadirnya kendaraan listrik, mereka sepakat bahwa ini adalah masa depan yang harus dipersiapkan. Amerika Serikat juga akan memperseiapkan dan mulai berinvestasi terhadap era kendaraan listrik dengan sungguh-sungguh.

"Ketika kendaraan menjadi lebih efisien dan kita mengejar elektrifikasi, cepat atau lambat akan ada pertanyaan tentang apakah pajak bensin bisa efektif sama sekali"," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19

Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Saran Dokter untuk Penyintas Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓