SUV Jaguar F-Pace Mati di Tengah Banjir, Videonya Viral

Oleh Fahmi Rizki pada 24 Jan 2021, 20:11 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 20:11 WIB
Jaguar F-Pace mogok saat menerobos banjir (ViralHog)
Perbesar
Jaguar F-Pace mogok saat menerobos banjir (ViralHog)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilik mobil harus memperkirakan seberapa tinggi banjir yang akan dilalui. Hal ini untuk mengukur apakah mobil tersebut bisa melewati banjir dengan tenang dan nyaman.

Jangan sampai seperti pengemudi Jaguar F-Pace yang satu ini. Niatnya ingin menerobos banjir, tapi malah mobilnya mati di tengah-tengah banjir tersebut.

Meski biasanya SUV tahan terhadap banjir, namun hal tersebut tergantung pada pengemudi dan situasi yang dihadapi.

Dalam sebuah video yang viral, satu unit SUV mewah Jaguar F-Pace, awalnya percaya diri bisa melibas banjir yang akan dilewati. Namun yang terjadi adalah ia justru terhenti di tengah-tengah banjir tersebut.

Dalam video yang dibagikan oleh ViralHog, Jaguar F-Pace tersebut mengalami mati mesin dan sempat terbawa arus air. Namun mogoknya Jaguar F-Pace ini tidak dijelaskan apa yang menjadi penyebabnya.

Jika mencermati video tersebut, ketinggian air tidak begitu tinggi karena hanya memenuhi setengah ban. Hanya saja, saat masuk ke dalam air mobil ini menerjang dengan sangat kuat sehingga kibasan air memenuhi bagian depan mobil.

 

2 dari 4 halaman

Ground Clearance Mumpuni untuk Menerobos Air

Jaguar F-Pace mogok saat menerjang banjir (ViralHog)
Perbesar
Jaguar F-Pace mogok saat menerjang banjir (ViralHog)

Dari video tersebut sistem elektronik dari mobil masih berfungsi, hal ini ditandai oleh wiper depan yang masih bergerak ketika mobil mati di tengah banjir. Namun, tidak berselang lama pengemudi tersebut mencoba menghidupkan mesin namun gagal.

Beberapa waktu kemudian, setelah percobaan beberapa kali akhirnya mesin mobil tersebut kembali hidup.

Secara spesifikasinya, Jaguar F-Pace ini memiliki ground clearance 213 mm. Angka tersebut cukup tinggi untuk menerobos banjir, namun karena teknik yang digunakan tidak tepat menyebabkan mobil tersebut mati mesin. Sementara untuk spesifikasi mesin yang diusung, Jaguar F-Pace dibekali dengan mesin berkapasitas 2.0 liter dengan tenaga 24 tk dan torsi maksimal 365 Nm.

3 dari 4 halaman

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun

Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kunci Hadapi Covid-19 dengan Iman, Aman dan Imun. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Simak Video Lengkapnya Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓