Honda Malaysia Kembali Bangkitkan Motor Retro EX5

Oleh Fahmi Rizki pada 24 Jan 2021, 12:07 WIB
Diperbarui 24 Jan 2021, 12:07 WIB
Honda kembali rilis model retro untuk pasar motor Malaysia (Honda Malaysia)
Perbesar
Honda kembali rilis model retro untuk pasar motor Malaysia (Honda Malaysia)

Liputan6.com, Jakarta - Honda Motor Malaysia akhirnya secara resmi merilis motor baru mereka, Honda EX5 dalam balutan spesial. Kenapa spesial?

Karena kehadiran sepeda motor ini sebagai tonggak sejarah memperingati kehadiran Honda EX5 di Malaysia sejak 35 tahun silam.

Sepeda motor jenis bebek seperti ini, memang tak pernah sepi peminat di Malaysia. Dari beberapa model motor bebek yang beredar di Malaysia, Honda EX5, menjadi salah satu model yang paling banyak diminati.

Motor bebek bergaya klasik ini secara detail, tampak mirip Honda Astrea Grand di Indonesia. Motor bebek bernuansa retro ini tampil dengan desain mengotak, dudukan suspensi belakang yang membelah bodi dan penutup rantai yang mengingatkan kita pada Honda Astrea Grand era 90-an.

Meski demikian, EX5 hadir dengan beberapa detail yang telah menyentuh kesan modern. Terlihat pada bagian lampu, logo panel dari depan dan knalpot. Sejak pertama kali diluncurkan di Malaysia, tercatat tak kurang dua juta unit Honda EX5 ludes terjual.

Perbedaan pada EX5 edisi spesial ini dengan EX5 biasa, ada pada bagian sayap depannya. Terdapat logo khusus yang ditempel Honda pada bagian sayap depan.

 

2 dari 4 halaman

Mesinnya Sudah Mengusung PGMF-i

Honda Malaysia luncurkan model spesial untuk EX5 (Honda Malaysia)
Perbesar
Honda Malaysia luncurkan model spesial untuk EX5 (Honda Malaysia)

EX5 mengusung mesin dengan kapasitas 110 cc bersilinder tunggal dan dilengkapi dengan sistem pendingin udara. Mesin tersebut diklaim mampu menyemburkan tenaga sebesar 8,5 tk di putaran 7.500 Rpm dan torsi maksimum 8,62 Nm di putaran 5.500 Rpm.

Mesin yang digunakan sudah menggunakan teknologi Programmed Fuel Injection (PGM-Fi) khas Honda. Teknologi ini diakui mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Honda EX5 edisi spesial ini disodorkan dengan dua pilihan pelek, yakni cast wheel dan standart (jari-jari). Sementara untuk pilihan warnanya, EX5 edisi spesial ini hadir dalam dua pilihan warna. Konsumen bisa memilih antara Euphonia Red Metallic dan Pearl Nightfall Blue.

Dikutip dari Bikersrepublic, motor ini dijual dengan harga 4.783 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 16,6 juta untuk mata uang di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia

Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
Perbesar
Infografis Vaksin Covid-19 dan Rencana Vaksinasi di Indonesia. (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓