Sukses

Jurus Mercedes-Benz Hadapi Lesunya Pasar Sedan

Saat ini segmen sedan premium memang tidak sehebat SUV, tapi Mercedes-Benz Distribution Indonesia memiliki kunci untuk bisa menggaet konsumen agar melirik model sedan kembali

Liputan6.com, Jakarta - Di tengah tren model Sport Utility Vehicle (SUV) yang sedang naik daun, bukan berarti segmen sedan hilang begitu saja. Bagi PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI), mereka tetap optimistis bahwa mobil sedan masih diminati.

Meski ada pergeseran terhadap minat konsumen dari sedan ke segmen SUV, namun MBDI sudah menemukan kunci agar pasar sedan tetap tumbuh.

Mobil sedan memang menurut MBDI memiliki fans dan penggemar sendiri. Terlebih bagi mereka yang senang mengemudikan mobil sendiri, karena sedan memiliki feel yang berbeda saat dikendarai.

"Kami tetap optimis dan tetap yakin bahwa segmen sedan tetap ada. Kami berpandangan bahwa segmen sedan tetap ada, karena ada orang yang misalnya senang menyetir sendiri, senang practicality dari sedan. Kuncinya ini adalah inovasi produk. Kita memiliki segmen NGCC (Next Generation Compact Car), jadi misalnya mobil untuk anak-anak milenial kita berikan produk yang fresh dan fitur yang menarik," jelas Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director Sales Operation and Product Management MBDI.

MBDI juga sadar betul bahwa kemewahan yang sebelumnya menjadi magnet untuk menarik konsumen, kini sudah mulai diimplementasikan pada sebuah mobil SUV.

Terlebih melihat karakteristik jalan yang ada di Indonesia pada umumnya, SUV memang merupakan model yang pas untuk menemani perjalanan. Namun, untuk tetap bisa menarik konsumen terhadap model sedan MBDI harus melakukan beberapa pembenahan.

"Kalau dulu sedan hanya bertemu pada kemewahan, sekarang kemewahan pun ditawarkan pada SUV. Jadi kita harus berinovasi lagi dari fitur apa yang kita tawarkan. Dulu orang di Indonesia alasan memilih SUV karena ground clearence tinggi, karena jalan kita banyak yang berlubang. Dan mereka percaya untuk melibas itu pakai SUV," tambah Kariyanto.

Namun melihat beberapa infrastruktur yang sudah lebih baik serta beberapa jalanan yang sudah mulai diperbaiki, seharusnya pasar sedan bisa kembali naik dan mampu memberikan kontribusi yang lebih baik lagi.

"Tapi dengan pembangunan yang ada sekarang di mana infrastruktur makin membaik, dan jalan-jalan diperbaiki, serta banyak jalan tol yang baru dibuka, kami melihat itu juga nanti akan mempunyai pengaruh pada segmen sedan. Sehingga orang akan lebih enjoy lagi untuk menyetir sedan karena fasilitas atau infrastruktur yang ada sudah lebih baik," tambah Kariyanto.

Untuk menggairahkan segmen sedan mewah di Tanah Air, Mercedes-Benz Distribution Indonesia mulai memperkenalkan sedan terbaru mereka C-300 AMG Final Edition dan C200 AMG Final Edition beberapa waktu lalu.

Kehadiran dua model sedan anyar ini merupakan perpaduan yang sempurna dan seimbang antara karakteristik penampilan sporty, fitur keselamatan unggulan, serta tingka fungsionalitas kendaraan yang tinggi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Kombinasi 3M Turunkan Risiko Tertular Covid-19 hingga 99,9 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.