Sukses

Produk Buatan Indonesia Selamatkan Penjualan Suzuki pada 2020

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri mampu bertahan pada periode Januari sampai Desember 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Industri otomotif menjadi salah satu sektor yang terdampak pandemi virus Corona Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Penjualan berbagai pabrikan mobil mengalami penurunan, bahkan secara nasional turun hingga sekitar 50 persenan.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sendiri mampu bertahan pada periode Januari sampai Desember 2020, dengan raihan wholesale 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen jika dibandingkan dengan performa periode yang sama 2019.

Kendaraan buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun mendominasi raihan tersebut, dengan kontribusi lebih dari 90 persen terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

Dijelaskan Donny Samputra, 4W Marketing Director PT SIS, 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun Suzuki berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment.

"Kontribusi produk lokal Suzuki 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesale dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” jelas Donny, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Jumat (15/1/2021).

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesale New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6 persen sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Suzuki XL7

Untuk kendaraan penumpang, XL7 menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales dan 11,8 persen untuk retail sales. Sedangkan all new Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen wholesales dan 13,3 persen retail sales.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

3 dari 3 halaman

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.