Sukses

Hyundai dan Apple akan Bangun Mobil Listrik Otonom, Mulai Produksi 2024

Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kemitraan terkait pengembangan mobil listrik tanpa supir alias otonom.

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor dan Apple Inc berencana untuk menandatangani kesepakatan kemitraan terkait pengembangan mobil listrik tanpa sopir alias otonom, pada Maret 2021. Sedangkan proses produksinya akan berlangsung sekitar 2024 di Amerika Serikat. Demikian dilaporkan Korea IT, Selasa (12/1/2021).

Mengutip Reuters, laporan tersebut menyusul pernyataan Hyundai, Jumat pekan lalu, bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan awal dengan Apple terkait mobil tanpa sopir yang rencananya siap dihadirkan pada 2027.

Sementara itu, pabrikan otomotif asal Korea Selatan ini menolak mengomentari laporan terbaru terkait kerjasama dengan Apple ini. Hyundai hanya menegaskan komentar sebelumnya, jika sudah menerima permintaan kerja sama potensial dari berbagai perusahaan dalam pengembangan mobil listrik otonom tersebut.

Sebelumnya, Apple telah berencana untuk menghadirkan mobil tanpa sopir pada 2024, bahkan dengan menggunakan baterai miliknya sendiri yang lebih canggih.

Pengembangan di industri otomotif yang dilakukan Apple ini, disebut Project Titan dan sudah berjalan sejak 2014. Dimulai dari mendesain kendaraannya sendiri, dan pada satu titik Apple menarik diri, dan hanya fokus mengembangkan perangkat lunak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengembangan Lanjutan

Kemudian, Doug Field, seorang veteran Apple yang pernah bekerja di Tesla kembali mengawasi proyek tersebut pada 2018 dan memberhentikan 190 orang dari tim tersebut pada 2019.

Sejak itu, Apple berkembang pesat dan bertujuan untuk membangun kendaraannya sendiri untuk konsumen. Inti dari strategi Apple adalah mendesain baterai baru yang dapar mengurangi biaya secara sifnifikan, dan meningkatkan daya jelajah mobil nirsopir tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Cara Vaksin Covid-19 Picu Kekebalan Tubuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.